Beranda Bulukumba Pemasangan APK Harus Dapat Izin Pemilik Rumah

Pemasangan APK Harus Dapat Izin Pemilik Rumah

Selasa, 4 Desember 2018, 10:00 WITA
BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID  — Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Bulukumba, kembali mengingatkan agar peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 harus memahami aturan kampanye.
Komisioner Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar menjelaskan, peserta pemilu harus memahami dan mematuhi aturan kampanye. Dengan demikian pemasangan APK sesuai dengan titik-titik yang ditetapkan.
“Ada beberapa tempat yang dilarang memasang APK. Pertama tempat ibadah, rumah sakit, Gedung atau fasilitas milik pemerintah dan lembaga pendidikan,” katanya.
Sedang untuk pemasangan APK di rumah warga pada dasarnya diperbolehkan selama mendapatkan izin tertulis dari pemilik rumah.
“Kalau kaitan dengan bahan kampanye di pasang rumah maka kita tidak masuk karena itu wilayah privat sepanjang ada izin pemilik. Kita tidak usah terlalu membatasi mengingat ini tahapan kampanye, kecuali hal hal yang dilarang dalam aturan,” paparnya.
Komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan menjelaskan pemasangan APK boleh dipasang di tempat milik perseorangan dengam syarat mendapat izin tertulis dari pemilik lokasi pemasangan. “Sanksinya jika melanggar, maka APK yang dipasang tidak sesuai dengan aturan berlaku maka APK yang dipasang akan dilepas oleh Satpol dan Bawaslu,” ungkapnya.
Disamping itu, wawan  menjelaskan, PKPU tahun 2018, tentang Kampanye didukung dengan Putusan KPU RI, tentang pwtunjuk teknis  fasilitasi metode Kampanye dalam Pemilu 2019. “Dalam petunjuk teknis ini  APK dicetak KPU kemudian dipasang oleh peserta Pemilu. Dan insya Allah APKnya segera kita distibusikan ke parpol,” paparnya. (*)