Beranda Bulukumba Pemdes Topanda Genjot Pengelolaan BUMDes

Pemdes Topanda Genjot Pengelolaan BUMDes

Minggu, 12 Juli 2020, 17:41 WITA
Kades Topanda, Kecamatan Rilau Ale, Andi Jemma (kiri)

RILAU ALE,RADAR SELATAN — Pemerintah Desa Topanda, Kecamatan Rilau Ale, terus memaksimalkan pengelolaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa). Hal tersebut sebagai upaya untuk mendorong peningkatan ekonomi desa.

Kepala Desa Topanda, Andi Jemma mengatakan, BUMDes di Desa Topanda, mengelola dua unit usaha yakni usaha simpan pinjam dan bantuan usaha untuk kelompok pembibitan.

“BUMDes di Desa Topanda hingga saat ini masih terus berjalan, ada unit usaha yang dikelola yakni simpan pinjam dan usaha untuk kelompok pembibitan, karena di Desa Topanda ada kelompok pembibitan,” katanya, Minggu 12 Juli.

Tahun ini, lanjut Andi Jemma, tidak ada pengalokasian anggaran untuk BUMDes. Pasalya pemerintah desa fokus untuk memaksimalkan unit usaha yang ada.

“Karenakan sudah ada pengalokasian seebelumnya, itu yang kami arahkan untuk dikelola dulu. Kemudian juga sudah ada PADes dari BUMDes,” tuturnya.

Pemerintah Desa Topanda mengharapkan agar pengurus BUMDes fokus dalam pengelolaan BUMDes sehingga tujuan dasar BUMDes yakni sebagai wadah perekonomian di desa bisa tercapai. (ria/man