Pemilihan BPD Berpotensi Diulang

by
Andi Mappatunru

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Meski belum ada kesimpulan atas hasil audit pendampingan untuk 16 desa yang dilaporkan bermasalah, namun PMD memberikan isyarat potensi pemilihan ulang Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bulukumba, Andi Mappatunru mengatakan, panitia kabupaten sudah menindaklanjuti aduan warga terkait pemilihan BPD melalui rapat pembahasan laporan yang masuk di kecamatan.
“Saat hari H pelaksanaan kita memang keliling langsung meninjau pelaksanaan pemungutan suara BPD. Termasuk juga meninjau langsung di kecamatan tata cara penyelesaian masalah ini,” katanya, Rabu, 17 Juli 2019.

Salah satu masalah yang ditemui pihaknya, yakni tidak dilibatkannya sebagian pelapor pada penyelesaian masalah BPD di kecamatan. Dengan dasar itu pihaknya memberi instruksi pada pihak kecamatan segera menjadwalkan ulang pertemuan dengan pelapor di kecamatan masing-masing.
“Saat ini kami pihak panitia atau pendamping kabupaten sudah menyerahkan ke kecamatan hasil kajian dari laporan warga terkait adanya masalah pada pemilihan BPD, jadi insyaAllah kami target minggu ini pihak kecamatan sudah menyerahkan keputusan yang diambil terkait adanya aduan masyarakat itu,” kata dia.

Sedangkan untuk pelantikan BPD Bulukumba akan dilaksanakan akhir Juli ini. Dia menegaskan, BPD yang akan dilantik tersebut khusus desa yang tidak bermasalah, sementara desa yang bermasalah akan tetap diproses dan kemungkinannya ada desa yang akan melakukan pemilihan ulang.

“Selama kami dilapangan memang ada pelanggaran yang kami temukan, jadi akan ada efek kemungkinan untuk dilakukan pemilihan ulang,” ungkap dia.
Dia meminta pada pelapor agar tetap bersabar. Pihaknya akan terus mengawal aduan dan hasilnya akan dipublikasikan.

“Kami pasti akan terus mengawal dan mengambil tindakan. Kami juga perlu sampaikan terkait adanya tim pansus di DPRD, pastinya PMD akan tetap bersinergi, dan kami akan persentasekan hasil kajian di kecamatan kepada TIM Pansus di DPRD, kita berupaya hasilnya bisa ada minggu ini,” tutupnya. (faj/has)