Pemkab Bulukumba Salurkan Bantuan Sosial Non Tunai Sebanyak 9.701 KK

 

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pemerintah Kabupaten Bulukumba menyalurkan Bantuan Sosial Non Tunai Program Sembako dari Kementerian Sosial yang diperuntukkan kepada warga terdampak Covid-19.

Jumlah bansos non tunai yang diterima Kabupaten Bulukumba sebanyak 9.701 KK. Bansos program sembako ini sama dengan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang secara reguler diterima oleh warga miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Jumlah penerima BPNT Bulukumba sebanyak 15.074 KK.

Bedanya, penerima Bansos Non Tunai Program Sembako ini hanya menerima bantuan selama sembilan bulan dari April sampai Desember 2020. Setiap KK menerima Rp.200 ribu perbulan. Nilai tersebut tidak bisa diambil secara tunai, namun hanya bisa ditukar dengan bahan pokok seperti beras, telur, ikan kaleng, dan minyak di agen/toko yang telah ditunjuk oleh Bank Mandiri sebagai mitra.

Kepala Dinas Sosial, Syarifuddin mengungkapkan bahwa setiapĀ  penerima bansos menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berbentuk kartu ATM. Setiap bulan kartu penerima akan diisi dengan nominal Rp200 ribu.

“Untuk pencairannya, penerima Bansos mendatangi toko sembako yang telah ditunjuk, memilih bahan pangan yang diinginkan, lalu dibayar dengan menggunakan kartu ATM itu,” bebernya.

Penerima bansos non tunai ini, lanjut Syarifuddin tidak menerima bantuan lain dari pemerintah seperti PKH, maupun bantuan sembako dari pemerintah kabupaten dan provinsi.

Bupati AM Sukri Sappewali yang menyerahkan bantuan tersebut, menyebutkan jika bansos ini salah satu jaring pengaman sosial yang diberikan pemerintah untuk meminimalisir dampak Covid-19 yang dirasakan masyarakat.

“Kita sudah menyalurkan berbagai bantuan dan diharapkan tidak boleh ada yang menerima lebih dari satu bantuan karena itu pelanggaran,” ungkapnya saat menyerahkan bantuan non tunai secara simbolis di gedung Masagena, Senin 11 Mei 2020.

Turut hadir dalam penyerahan bantuan ini, Dandim 1411 Letkol ARM Joko Triyanto, Kajari Hartam Ediyanto, Wakapolres Kompol Syarifuddin, dan anggota DPRD, Ahmad Saiful. (rdr)

 

Berikut Jumlah Penerima Bansos Non Tunai setiap kecamatan :

 

1. Bulukumpa 1.354

2. Kajang 1.663

3. Bontotiro 908

4. Kindang 669

5. Gantarang 1.538

6. Ujung Bulu 606

7. Bontobahari 343

8. Herlang 631

9. Ujungloe 1059

10. Rilau Ale 930

 

Total : 9.701