Pemuda Kambuno Dilatih Bidang Otomotif

by
Pemuda Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, saat mengikuti pembukaan pelatihan otomotif di Aulah Kantor Desa Kambuno. (Sumber: Dok. Rusdi Syam).

* Pemdes Gandeng BLK Bantaeng

BULUKUMPA,RADAR SELATAN — Pemerintah Desa Kambuno, Kecamatan Bulukumpa, bekerjasama dengan BLK (Balai Latihan Kerja) Kabupaten Bantaeng, menggelar pelatihan otomotif. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama beberapa hari yang mulai dibuka pada Senin 21 Oktober lalu.

Kepala Desa Kambuno, Syahrullah Syam mengatakan, pelatihan perbengkelan sangat penting dilaksanakan di desa, hal ini untuk mengasa kemampuan atau bakat pemuda desa di bidang otomotif. Menurutnya, ada 16 pemuda yang berasal dari tiga dusun yakni Dusun Assipetungnge, Dusun Manyyaha dan Dusun Barugae yang menjadi peserta pelatihan.

“Di Desa Kambuno ada banyak pemuda yang memiliki bakat dan minat di bidang perbengkelan. Maka  kali ini kami mecoba  mengembangkan bakat dan  minat pemuda untuk diberikan pelatihan secara resmi,” ujarnya.

Dalam pelatihan ini, kata Syahrullah, selain mendapatkan ilmu, peserta juga mendapatkan sertifikat yang bisa menjadi dokumen pendukung untuk mendapatkan pekerjaan.

” Diharapkan para peserta ini bisa disiplin dalam mengikuti serangkaian tahapan pelatuhan,  agar mereka bisa mendapatkan hasil yang maksimal,” tuturnya.

Perwakilan BLK Bantaeng, Ashari menjelaskan, pelatihan otomotof yang dilaksanakan di Desa Kambuno, adalah pelatihan yang bersifat lintas kabupaten. Pada masa pelatihan selama 20 hari tersebut, pihaknya akan mengolaborasikan materi dan praktik, sehingga peserta cepat paham.

“Meski jangka waktunya terbilang singkat, namun kami berharap semoga semua peserta yang ikut bisa cepat terampil dalam melakukan perawatan dan perbaikan sepeda motor dan kedepannya bisa membuka usaha perbengkelan,” tutupnya. (ria/man)

Loading...