Perebutan Kursi DPR RI Makin Ketat

by

REPORTER: RAKHMAT FAJAR
EDITOR: HASWANDI ASHARI

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Perebutan sejumlah kursi legislatif DPR RI khususnya di daerah pemilihan (Dapil) Sulsel I dan II makin ketat. Hingga saat ini, sejumlah calon anggota legislatif (caleg) masih ketar-ketir menunggu hasil penghitungan suara.

Dari informasi yang dihimpun RADAR SELATAN, posisi aman untuk Dapil Sulsel I berpihak di tiga caleg petahana asal parpol berbeda yakni Hamka B. Kady asal Golkar, PPP oleh Amir Uskara dan PDIP oleh Ridwan A. Wittiri. Raihan suara di internal parpol ketiga caleg tersebut berselisih jauh dibanding caleg lainnya.


Golkar berpotensi merebut kursi kedua dari delapan kuota di Sulsel I, sementara PPP dan PDIP berpeluang meraih kursi ke enam. PPP berdasarkan real count KPU untuk sementara, menempatkan Golkar meraih suara tertinggi di Kabupaten Takalar dan Selayar, sementara PPP unggul di Kabupaten Gowa.

Partai Gerindra memungkinkan menjadi jawara di Sulsel I, menyusul kemenangan di Bantaeng dan capaian suara signifikan di lima daerah lain. Dua caleg peraih suara terbanyak Gerindra yakni Azikin Solthan dan Andi Idris Manggabarani. Keduanya memungkinkan melaju ke Senayan jika suara akumulatif caleg dan parpolnya sangat signifikan di Makassar yang saat ini masih dalam proses rekap tingkat PPK.
PAN dan Demokrat juga dipastikan meraih masing-masing satu kursi di Sulsel I. Petahana Aliyah Mustika untuk sementara mengungguli Bahar Ngitung di internal Demokrat, sementara kursi PAN diperebutkan antara Ashabul Kahfi dan Muhtar Tompo.

Di Sulsel II, delapan parpol kompetitif berebut sembilan kuota kursi. Kursi aman oleh Golkar minimal dua kursi, serta masing-masing satu kursi oleh Gerindra, PDIP, PPP dan PKS. Tiga kursi lagi akan saling diperebutkan oleh PAN, Demokrat, PKB dan atau tambahan kursi bagi Golkar.
Posisi aman menempatkan Andi Rio Padjalangi untuk meraih satu dari 2 peluang kursi Golkar, serta petahana PKS Akmal Pasluddin. Tambahan kursi di Golkar bakal diperebutkan oleh Rismayati, Supriansa dan M. Yasir.

Seteru berebut juara di internal parpol banyak mewarnai DPR RI Dapil Sulsel II. Gerindra memunculkan dua teratas yakni petahana Andi Iwan Darmawan Aras versus Andi Rudiyanto Asapa, PPP antara Askar HL dan Muh Aras, serta PDIP oleh petahana Syamsu Niang versus Yagqin Padjalangi.

Dua caleg PAN peraih suara signifikan di Sulsel II, beradu kuat di internalnya untuk merebut satu tiket kursi yang berpeluang diraih, yakni Andi Yuliani Paris dan Azis Kahar Musakkar. Sementara PKB memunculkan Muwahoyah Ramli dan Andi Jamarro Dulung, ditubuh Nasdem juga memunculkan dua nama yakni petahana Akbar Faizal dan Syahrul Yasin Limpo.

Koordinator Tim Akbar Faizal untuk Bulukumba Sinjai, Lili Hartono juga mengklaim kemenangan Akbar Faizal. Hanya saja pihakya tetap menungu rekap dari kabupaten.

“Insya Allah pak AF akan kembali terpilih. Terima kasih atas amanah warga Sulsel yang berada di Dapil 1 Sulsel,” kata Lili.
Terpisah, H. Askar HL juga optimis akan melaju ke Senayan, saat ini ia fokus pada pengawalan rekap di kabupaten. “Insya Allah doanya, prosesnya masih panjang,” singkatnya. (faj/has)

Loading...