Peringati HPN, IGI Gelar Pelatihan Daring

  • Whatsapp
BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Dalam masa Pandemi Covid-19 tidak ada kegiatan belajar mengajar di kelas secara konvensional yang dilakukan. Demikian halnya dengan kegiatan peningkatan kompetensi guru. Sehingga kegiatan Ikatan Guru Indonesia dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional pun dikemas dalam bentuk pelatihan daring.

Memperingati Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada 2 Mei 2020, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Bulukumba pada Jumat, 1 Mei 2020 menggelar Pelatihan Online via Video Conference. Ini diinisiasi oleh Pengurus Ikatan Guru Indonesia Wilayah Sulawesi Selatan. Kegiatan pelatihan online via vicon dilaksanakan secara serentak di 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan. Pelatihan ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba Drs.H. Akhmad Djauaris.

Read More

Dalam sambutannya, Akhmad Djauaris mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh IGI sebagai organisasi profesi guru  yang konsisten dalam peningkatan dan pengembangan kompetensi guru. Berdasarkan data dan informasi dari Dewi Wahyuni, S.Pd, Ketua IGI Kabupaten Bulukumba, kegiatan ini diikuti oleh 401 peserta dari total pendaftar 968 guru di Kabupaten Bulukumba, dan dari beberapa daerah lainnya di Indonesia.

Sebagian pendaftar tidak dapat join ke room meeting karena terkendala jaringan. Materi pelatihan via video conference ini adalah Pengenalan dan Pemanfaatan Rumah Belajar, menghadirkan nara sumber Syamsir Mappilawang, S.Pd. Guru UPT SMP Negeri 1 Masamba Kabupaten Luwu Utara yang tak lain putra daerah Bulukumba, kelahiran Herlang dan Host Sugiati Tabrang, S.Pd. sekretaris IGI Kabupaten Bulukumba.

“Insya Allah, kegiatan ini akan berlanjut dalam bentuk workshop pemanfaatan kelas digital pada portal rumah belajar kemdikbud. Kegiatan ini diikuti oleh guru dari semua jenjang dari TK/RA,SD/MI,SMP/MTs dan SMA/SMK/MA,” ujarnya.

Pelatihan Daring berlangsung dengan baik, didukung oleh Pemerintah daerah dalam hal ini kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bulukumba dan kepala kantor Kementrian pendidikan dan agama, sinergitas guru-guru hebat Kabupaten Bulukumba, soliditas para pengurus IGI Kabupaten Bulukumba, pelatih IGI yang senantiasa berbagi ilmu serta  Operator Tim Webex.

“Pemerintah Kabupaten Bulukumba senantiasa mendukung kegiatan peningkatan kapasitas guru. Harapannya, para guru dapat mengaplikasikan ilmu yang di peroleh dengan harapan akan berimbas pada peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik,” jelas Sugiati. (rls)

 

 

Penulis : | Editor :

Related posts