PKD Tunggu Juknis Kenaikan Rapelan Gaji ASN

by
APEL PAGI. Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa saat apel pagi, Senin, 18 Maret 2019.

GOWA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa akan menerima rapelan kenaikan gaji sebesar 5 persen.

Kenaikan rapelan gaji ini, kata Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (PKD) Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania akan dibayarkan pada April mendatang. Meski demikian, pihaknya sampai saat ini baru menerima Peraturan Pemerintah (PP) terkait pembayaran rapelan kenaikan gaji ASN. Sementara untuk Petunjuk Teknis (Juknis) yang dikeluarkan oleh pihak Kementerian Keuangan belum ada.

Adapun peraturan pemerintah yang telah diterima itu adalah PP Nomor 15 tahun 2019 tertanggal 13 Maret tentang perubahan ke 18 atas PP nomor 7 tahun 1977 tentang peraturan gaji PNS.

“Kita sudah lihat PP-nya, yang kami tunggu saat ini adalah juknis Peraturan Menteri Keuangan,” katanya saat dikonfirmasi, Selasa, 19 Maret 2019.
Menurutnya, juknis PMK ini penting, sebab menjadi dasar acuan untuk membayar rapelan kenaikan gaji sebesar 5 persen.
Sementara itu, berdasarkan data yang ada, jumlah ASN di Gowa di semua tingkatan mencapai 8000 orang lebih. Sehingga menurut Karim, pembayaran rapelan kenaikan gaji sebesar 5 persen yang akan digelontorkan nilainya cukup besar.

“Kalau kita kalkulasi antara jumlah ASN dengan rapelan kenaikan gaji 5 persen ini, maka jumlahnya cukup banyaklah yang akan kita bayarkan,” ujarnya.
Satu hal yang pasti kata Dania, repelan kenaikan gaji ini sudah masuk dalam DAU (Dana Alokasi Umum) di semua daerah di tanah air.
Hanya saja masalahnya karena juknis dari PMK belum ada. “Di dalam juknis itu kan semua tertera jelas item kenaikan gaji itu. Sebagai contoh yang bisa saya sebutkan apakah secara keseluruhan gaji yang selama ini diterima oleh setiap ASN itu yang dinaikkan 5 persen atau bukan,” jelas Karim.
Sementara itu, sejumlah ASN di Pemkab Gowa mengaku cukup senang dengan adanya kenaikan gaji sebesar 5 persen yang berlaku sejak Januari 2019 lalu yang repelannya akan dibayarkan April nanti.

“Kita merasa bersyukur dan senang sih dengan adanya kenaikan gaji ini walaupun besarannya tidak seberapa. Tapi paling tidak, hitung-hitung adalah tambah-tambah pendapatan kita sedikit kodong,” ujar sejumlah ASN di Pemkab Gowa yang namanya minta tidak ditulis. (hen/has)

Loading...