PKRS Bagi Tips Mencuci Tangan yang Benar

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Mencuci tangan merupakan cara paling mudah dalam menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai jenis penyakit. Pasalnya, pada media tangan tersebut ada banyak kotoran maupun virus, dimana secara tidak langsung dapat menularkan penyakit seperti flu dan diare

Untuk mencegah berbagai macam penyakit tersebut, Ketua Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD H Andi Sulthan Daeng Radja Bulukumba, Hamna V Lasanuddin berbagi tips, mencuci tangan yang harus dilakukan dengan langkah yang benar agar kuman berbahaya dapat hilang.

“Jika mencuci tangan hanya dilakukan sembarangan, maka bakteri dan virus pada tangan tidak akan hilang sempurna. Mencuci tangan adalah langkah paling dasar, serta murah, dan efektif untuk mencegah penularan penyakit harian seperti batuk, pilek, diare,”ungkapnya, Rabu 30 Oktober 2019.

Menurut Hamna, mencuci tangan yang benar harus dilakukan dengan sabun dan air yang mengalir. Sabun dapat membunuh kuman, sedangkan air mengalir meluruhkan kuman yang ada di tangan.

Ia menjelaskan, enam langkah yang dapat dilakukan untuk mencuci tangan yang benar, di nataranya, mesti dilakukan adalah membersihkan telapak tangan kemudian gosok dengan sabun, bersihkan punggung tangan kanan dan kiri. Pastikan semua bagian terkena sabun, bersihkan sela-sela jari, agar kuman yang bersarang dapat hilang.

Kemudian gosok punggung jari dengan jari saling mengunci, bersihkan ibu jari kanan dan kiri secara bergantian dengan gerakan gerakan memutar, gosok memutar ujung jari kanan dan kiri pada telapak tangan serta pada bagian kuku.

“Gerakan ini bertujuan agar kuku benar-benar bersih. Setelah mengikuti langkah-langkah ini, akhiri mencuci tangan dengan membersihkan sabun dengan air yang mengalir lalu dikeringkan,”tutupnya. (sum/man)