Beranda Bulukumba Polres Bulukumba Qurban 83 Ekor Sapi, Dokter Hewan Temukan Organ Tak Layak...

Polres Bulukumba Qurban 83 Ekor Sapi, Dokter Hewan Temukan Organ Tak Layak Konsumsi

Jumat, 31 Juli 2020, 12:07 WITA
Posmortem, Petugas dari Dinas Peternakan Bulukumba saat melakukan pemeriksaan daging dan organ dalam hewan qurban setelah disembelih.

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Dalam rangka perayaan Idul Adha 1441 Hijriah 10 Sulhijja, Jajaran Polres Bulukumba qurban 83 ekor sapi, Jumat 31 Juli 2020.

83 ekor sapi, 27 diantaranya disembelih di Mapolres Bulukumba, selebihnya di Mapolsek masing-masing kecamatan.


Mewakili Kapolres Bulukumba, Kasat Reskrim Polres Bulukumba, AKP Bery Juana Putra, mengungkapkan, jumlah hewan yang diqurbankan pihaknya tahun ini merupakan yang terbanyak daripada tahun-tahun sebelumnya.

Daging qurban, lanjutnya, akan dibagikan kepada masyarakat penerima manfaat, melalui personil dari Polres Bulukumba itu sendiri.

“Daging qurban ini dibagikan kepada masyarakat melalui anggota, jadi masyarakat kurang mampu yang menerima adalah yang berada di sekitar rumah anggota,” paparnya, saat dikonfirmasi langsung RADAR SELATAN, di Mapolres Bulukumba, Jumat 31 Juli 2020.

Sementara itu, saat setelah sesi pemotongan hewan qurban, turut hadir petugas dari Dinas Peternakan memeriksa kesehatan dari daging hewan atau posmortem.

“Agenda ini rutin kita lakukan, jadi ada pemeriksaan antemortem atau pemeriksaan sebelum disembelih, dan pemeriksaan organ dalam hewan setelah pemotongan atau posmortem,” terang salah seorang petugas pemeriksa, Drh. Andi Isma Lestari Amin.

Ciri-ciri hewan yang sehat, lanjut Drh. Andi Isma, dagingnya berwarna merah ceri, sedangkan organnya seperti hati berwarna merah darah, dan paru-paru berwarna pink.

“Kalau dagingnya berwarna pucat, begitupun hati dan paru-paru, itu dianjurkan untuk tidak dikonsumsi,” jelasnya.

*Ditemukan Organ Hewan Terpapar Penyakit

Terkait daging qurban di Polres sendiri, menurut Andi Isma, ditemukan organ berupa hati yang tidak sehat yakni digerogoti cacing hati.

“Tadi kami temukan beberapa hati sapi yang pucat, itu bisa terinfeksi cacing hati atau penyakit lain, jadi kita anjurkan untuk tidak dikonsumsi,” tambahnya.

Diketahui, 83 ekor sapi yang diqurbankan tersebut dibeli dari hasil patungan anggota Polres itu sendiri, selain sapi juga terdapat 2 ekor kambing yang diqurbankan. (Ewa)