Ponpes Darul Ishlah Siap Mencetus Calon Santri Berkualitas

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pondok Pesantren (PP) Darul Ishlah Kabupaten Bulukumba jenjang Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) telah membuka penerimaan santri dan santriwati tahun ajaran 2020/2021, yang dimulai sejak 1 Juni – 15 Juli 2020.

Ketua Panitia PPDB Ponpes Darul Ishlah Bulukumba, Fatur Rahman SE.SY mengatakan pelaksanaan penerimaan santri tahun ini pihaknya terapkan dua sistem yakni online dan offline. Ia mengaku calon santri yang mendaftar di Ponpes Darul Ishlah tidak hanya di dominasi oleh santri Bulukumba akan tetapi dari berbagai daerah luar seperti Tenggara dan Palopo.

“Mengingat juga situasi sekarang ditengah pandemi Covid-19 memang perluh diterapkan sistem online jadi kami menyiapkan link khusus pendaftaran. Untuk target santri barunya kami tidak menetapkan target,”ungkapnya, Rabu 24 Juni 2020.

Fatur Rahman juga menyebutkan program yang disiapkan sesuai dengan visi misi pondok dari awal diprogramkan Tahfidz (penghafal al-quran), dakwah dan bahasa, yang artinya santri Darul Islah wajib untuk menghafal dan tetap belajar dikelas.

“Jadi santri Darul Ishlah tidak boleh masuk apabila tidak siap untuk menghafal, jadi sebelum mereka menghafal kami bimbing selama satu bulan mempelajari masalah hukum-hukum tajwid dan sebagainya sembari kami membimbing mereka dibidang dakwah bagian bahasa inggris dan arab,”ujarnya.

Lanjutnya, peserta didik baru tahun kemarin santri meningkat mencapai sekitar 70 peserta didik yang didominasi oleh santri-santri yang berasal dari daerah timur seperti Kecamatan Kajang, Bontobahari, dan Bontotiro.

“Kami berharap mudah-mudahan ada peningkatan jumlah peserta didik yang masuk di Pesantren kami walaupun misalnya dengan keadaan covid-19 yang sangat membatasi kita dan mudah-mudahan mampu mendatangkan orang-orang jenius karena kami di pondok juga untuk mencetus calon-calon ulama yang berkualitas,”tutupnya. (sum)