PPK Kajang Distribusi Logistik untuk 145 TPS

by

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) Kajang mendistribusikan logistik berupa kotak suara dan bilik suara untuk Pemilu (Pemilihan Umum) 2019 di 145 TPS. Acara pelepasan pendistribusian dihadiri Camat Kajang, Anggota Polsek Kajang, Danramil Kajang, ketua dan Anggota Panwaslu Kajang, PPK dan sekretariat PPK Kajang, serta segenap stakeholder se Kecamatan Kajang, Senin, 15 April 2019.

Ketua PPK Kajang, Irham Basman mengatakan pendistribusian dilakukan dari pukul 10.00 wita, diangkut dengan menggunakan tiga truk. Masing-masing armada mengangkut dua kali logistik untuk disalurkan ke PPS di 19 desa/kelurahan di Kecamatan Kajang. Armada dilengkapi penutup tenda demi keamanan dan safetynya logistik. Pendistribusian logistik juga dikawal ketat oleh pihak pengamana dari Polri dan Pengawas Pemilu di Kajang.

“Pendistribusian logistik dari PPK ke PPS di Kecamatan Kajang alhamdulillah berjalan lancar, tertib, dan aman berkat kerjasama dan dukungan dari semua stakeholder yang ada. Ini semua berjalan dengan sinergi, karena harapan dan komitmen serta cita-cita kita semua sama yakni keinginan dan adanya kemauan besar mensukseskan Pemilu 2019 di wilayah Kecamatan Kajang,” ujarnya.

Selain pengawalan ketat, lanjut Irham, proses menaikkan logistik ke truk, mengangkut hingga logistik diturunkan dan sampai di sekretariat PPS dilakukan pengisian Berita Acara dan bukti serah terima logistik/barang dari PPK. Pendistribusian logistik dilakukan setelah berkoordinasi dengan KPU Bulukumba, pihak pengamanan yang terlibat dalam hal ini Kapolsek Kajang, Danramil Kajang, Camat Kajang, dan Panwaslu Kajang.

“Jarak sekretariat PPK ke Sekretariat PPS di beberapa desa lumayan jauh dan medannya agak susah diakses oleh kendaraan bahkan dilarang keras oleh pemangku adat kendaraan keluar masuk dalam wilayah tertentu seperti untuk di 8 TPS dalam kawasan adat Ammatoa, Desa Tanah Toa dan juga tidak ada penerangan listrik di malam hari,” jelasnya.

Untuk keamanan, PPK Kajang memilih untuk melakukan pendistribusi logistik dua hari sebelum hari pelaksanaan pencoblosan. Selanjutnya PPS se Kecamatan Kajang akan melanjutkan distribusi logistik Pemuli 2019 ke Setiap TPS di wilayah kerjanya sehari sebelum pencoblosan.

“Pendistribusian nanti juga dengan pengawalan ketat dari pihak keamanan, Pengawas Pemilu di desa dan kelurahan termasuk PTPS. Bahkan dari pemerintah setempat juga,” katanya.

Sebelumnya, PPK Kajang telah menerima logistik dari KPU berupa kotak suara dan bilik suara untuk 145 TPS se Kecamatan Kajang dengan uraian per TPS 5 kotak suara dan masing-masing 4 buah bilik suara pada Sabtu, pukul 05.30 wita. Proses penyaluran berlangsung selama 2 malam dan 2 hari sehingga PPK dan sekeretariat PPK mengadakan posko di sekretariat PPK Kajang. Proses penyaluran logistik dikawal dan didampingi oleh pemerintah kecamatan, pihak pengamanan dari TNI dan POLRI, Panwaslu kecamatan dan unsur-unsur lain. (anjar)