Beranda Bantaeng Puskesmas Kota Bantaeng Ditutup Sementara Akibat Beberapa Pegawai Terpapar Covid-19

Puskesmas Kota Bantaeng Ditutup Sementara Akibat Beberapa Pegawai Terpapar Covid-19

Minggu, 12 Juli 2020, 17:58 WITA

BANTAENG, RADAR SELATAN – Beberapa pegawai Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kota Bantaeng terpapar Covid-19. Sehingga Puskesmas itu ditutup sejak Jumat, 10 Juli 2020 kemarin.

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bantaeng, dr Andi Ihsan mengungkapkan bahwa penutupan tersebut masih berkaitan dengan pasien positif di Bantaeng sebagian besar adalah tenaga kesehatan atau nakes.

Olehnya itu, untuk sementara waktu pelayanan kesehatan di Puskesmas Kota ditutup. Bagi warga yang membutuhkan layanan kesehatan bisa mendatangi fasilitas kesehatan terdekat dengan tempat tinggalnya.

“Masyarakat bisa mendatangi Puskesmas terdekat untuk berobat bila sakit, selama Puskesmas Kota kita tutup,” kata Andi Ihsan belum lama ini.

Layanan Puskesmas akan difungsikan kembali setelah tracking contact atau penelusuran kontak erat pasien telah usai dilakukan gugus tugas.

“Puskesmas Kota kami tutup untuk sementara waktu hingga kami bisa memastikan seluruh pegawai Puskesmas Kota dinyatakan bebas COVID-19,” kata Ihsan.

Tenaga kesehatan (nakes) yang melakukan kontak erat langsung telah melalui proses isolasi mandiri selama 14 hari. Hingga saat ini sementara menunggu konfirmasi pemeriksaan laboratorium.

Seperti diketahui, di Bantaeng, sudah ada 12 tenaga kesehatan yang terpapar virus corona. Ditambah 1 warga namun telah meninggal dunia. Jauh sebelumnya adapula 1 orang warga lainnya terkonfirmasi positif pertama Bantaeng cluster Temboro.

Kini beredar isu bahwa ada tambahan sekitar 20 orang lebih. Hanya saja sampai saat ini Jubir Gugus Tugas yang merupakan Kepala Dinas Kesehatan Bantaeng ini belum memberi kepastian. Namun ada isyarat bahwa hal itu benar adanya.

“Nanti, tunggu nomor registernya dulu dari Kemenkes,” kata Andi Ihsan.

ket.gambar:
Nampak ada papan bicara di gerbang Puskesmas Kota Bantaeng yang mengisyaratkan bahwa fasilitas kesehatan ini untuk sementara ditutup.