Beranda Bulukumba Rapid Test Gratis di Lapda, 17 Orang Reaktif

Rapid Test Gratis di Lapda, 17 Orang Reaktif

Senin, 13 Juli 2020, 13:22 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pemkab Bulukumba baru saja selesai melakukan Rapid Test Gratis untuk masyarakat umum di Lapangan Pemuda, Bulukumba. Hasilnya, dari 751 orang yang diambil sampel darahnya, ada 17 orang yang reaktif. Ke-17 orang ini langsung di-swab untuk diperiksa lebih lanjut sampelnya.
Demikian disampaikan HM Daud Kahal, Juru Bicara Tim Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bulukumba, saat diwawancarai via whatsapp, Senin 13 Juli 2020. Rapid Test gratis sendiri dilakukan selama tiga hari, Kamis-Sabtu, 11 Juli 2020 lalu.
Sementara jumlah kasus positif di Bulukumba sampai saat ini sebanyak 191 kasus dengan rincian, pasien sembuh 118 orang, meninggal dunia 5 orang, dan masih dirawat sebanyak 49 orang. Selebihnya 19 orang melakukan isolasi mandiri.
Hal menggembirakan karena dalam seminggu terakhir ini, jumlah kasus positif cenderung menurun dibandingan dua pekan sebelumnya.
Daud Kahal menilai, bisa jadi penurunan jumlah positif karena sudah adanya kesadaran dari masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan di kehidupan sehari-hari. Faktor lainnya karena beberapa tracing kontak dari pasien positif, menghindar atau menolak untuk diswab.
“Ini juga menjadi tantangan bagi kami tim Gugus dalam pengendalian wabah virus Corona,” terang Daud.
Dari data yang ada, secara keseluruhan jumlah spesimen swab yang diperiksa sebanyak 1262. Dari jumlah tersebut, 1184 orang dinyatakan negatif Covid-19. ***