Realisasi PBB-P2 Capai Rp 10,1 Miliar

by

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Bulukumba mencatat hingga 4 Desember 2018, realiasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Pedesaan dan Perkotaan (P2) mencapai Rp 10.192.591.147.

Kepala Bapenda Kabupaten Bulukumba, Andi Sufardiman mengatakan, jika dipersenkan realisasi tersebut masih sekira 75 persen dari target PBB-P2 tahun ini.

“Target PBB-P2 tahun ini sebanyak Rp 13.884,670.438. Sementara yang terealisasi hingga saat ini sebanyak Rp 10.192.591.147 atau 75 persen dari target,” katanya, Selasa 4 Desember 2018.

Menurutnya, untuk mencapai target tersebut, Bapenda akan mengoptimalkan penagihan dengan cara menurunkan langsung petugas ke kecamatan untuk melakukan penagihan.

“Setiap hari petugas sudah turun langsung ke kecamatan, bahkan kemarin kami juga melaksanakan rapat evaluasi PBB-P2 yang dilaksanakan di Ruang Pola Kantor Bupati. Yang hadir kemarin pada rapat evaluasi itu adalah Sekda, Asisten administrasi umum, camat, kepala desa dan lurah, serta para kolektor PBB baik di desa maupun di kelurahan,” tuturnya.

Andi Sufardiman menambahkan, salah satu kendala sehingga masih minimnya realisasi PBB-P2 adalah adanya beberapa pemilik lahan yang berdomisili di luar kabupaten atau kota.

“Seperti yang kami temui waktu ke Kecamatan Bulukumpa, menurut informasi dari kelurahan, ada beberapa pemilik lahan yang tinggal di wilayah itu atau berdomisili di luar kabupaten sehingga pembayaran PBB-P2 itu kurang lancar,” tutupnya. (ria/has/B)

Loading...