Beranda Bulukumba Rekomendasi KASN Terfokus Pada Jabatan Lowong Dirut RS

Rekomendasi KASN Terfokus Pada Jabatan Lowong Dirut RS

Senin, 13 Juli 2020, 13:09 WITA

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Tindak lanjut rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) terkait kisruh mutasi di Bulukumba masih saja berproses. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) melalui persetujuan dari Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah.

Kabid Mutasi dan Kepangkatan BKPSDM Bulukumba, Ahmad Rais Haq mengatakan, surat ke Gubernur dikirim tiga pekan lalu. Persetujuan tersebut untuk diteruskan ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sebagai langkah lebih lanjut dalam proses menindaklanjuti rekomendasi KASN terbaru.

Lebih jauh, Ahmad Rais menjelaskan, Tim Penilai Kinerja Kabupaten Bulukumba juga telah mereview untuk perbaikan. Berdasarkan konfirmasi ke KASN, fokus dari rekomendasi yang dikeluarkan yakni pada pengisian jabatan Dirut RSUD Bulukumba, kemudian pada eselon 3 dan 4 hanya pada nama-nama yang bermasalah.

“Mungkin Agustus sudah finish semuanya,” ujarnya.

Sebelumnya, surat KASN merupakan hasil tindak lanjut laporan pengaduan dugaan pelanggaran pada rotasi atau mutasi ASN membatalkan empat keputusan bupati. Keputusan bupati yang dibatalkan yakni nomor 821.2.2-3 dan nomor 821.2.2-002 pada 2 Januari lalu. Keputusan bupati nomor 821.2.3-004 yang juga dikeluarkan pada 2 Januari serta keputusan bupati nomor 821.2.4-005 pada 7 Januari.

Surat KASN menyoroti pengisian JPT Pratama yang harus melalui seleksi terbuka mengacu pada PermenPAN-RB nomor 15 tahun 2019 tentang Pengisian JPT Secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkup Indtansi Pemerintah. Diharapkan mutasi/rotasi ASN ke depannya sesuai dengan penerapan UU yang berlaku. KASN juga mengingatkan Bupati Bulukumba untuk menindaklanjuti keputusan dalam 30 hari setelah rekomendasi tersebut diterima. (jar)