Sambut Hari Anak Sedunia IGI Gelar SRA Lewat Daring

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Dalam rangka memperingati Hari Anak Sedunia pada 1 Juni 2020 dan untuk mendukung perwujudan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Bulukumba, Ikatan Guru Indonesia (IGI) Bulukumba, mengadakan kegiatan seminar dengan mengambil topik Sekolah Ramah Anak (SRA) dengan model dalam jaringan, Senin 1 Juni 2020.

Kegiatan yang digelar bekerjasama dengan Asosiasi Fasilitator Pendidikan Ramah Anak Seluruh Indonesia (ASPIRASI) tersebut diikuti sebanyak 100 peserta perwakilan guru-guru se Kabupaten Bulukumba. Dibuka oleh Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bulukumba Dra. Hj. Umrah Aswani, MM.

Dalam sambutannya, Hj. Umrah Aswani menyampaikan apresiasi atas inisiatif IGI Bulukumba atas kegaiatan seminar SRA, dan siap untuk kerjasama dengan IGI untuk kegiatan terkait Sekolah Ramah Anak

“Pengurus IGI Bulukumba diharap adanya kolaborasi semua pihak untuk menciptakan generasi bangsa yang berkatakter, bermental tangguh, tumbuhnya potensi minat dan bakat dengan lingkungan yang menyenangkan. Kegiatan ini juga untuk mendukung kebijakan merdeka belajar dan guru penggerak, penerapan Sekolah Ramah Anak ini sejalan dengan kebijakan kemdikbud untuk mewujudkan program sekolah yang berorientasi pada anak,”ungkapnya, Senin 1 Juni 2020.

Ketua IGI Bulukumba, Dewi Wahyuni mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memingkatkan kapasitas guru sehingga guru-guru akan memiliki kompetensi dan keterampilan tentang penerapan SRA dan memeneg sekolah sehingga peserta didik akan merasa nyaman dan bahagia dan betah di sekolah.

“Seminar SRA ini sangat dibutuhkan dan diminati oleh guru-guru ini terbukti dengan jumlah peserta 100 yang bergabung dalam webinar dengan menggunakan aplikasi Zoom, dengan menghadirkan pemateri handal yakni Bekti Prasyani Ketua umum Aspirasi dengan judul sosialisasi (Sekolah Ramah Anak (SRA) dan Hj. Nurbaya yang merupakan Fasilitator SRA Bulukumba,”ujarnya.

Dewi Wahyuni juga menyampaikan pengurus IGI Bulukumba berharap momen-momen seminar ini dimanfaatkan dengan sebaik baiknya dimana pendidik dan tenaga kependidikan memberikan kontribusi yang memadai begitu juga kami pengurus IGI Kabupaten Bulukumba.

“Berharap semua pihak dapat memberikan dukungan kepada seluruh kegiatan yang kami gagas karena pada dasarnya IGI akan senantiasa berharap menjadi mitra yang baik kepada pemerintah dan seluruh pihak atau kelembagaan yang bergerak dalam bidang kependidikan khususnya dalam pengembangan kompetensi pendidik maupun tenaga kependidikan,”tutupnya. (sum)