Sambut Tahun Ajaran Baru, SMA ICSY Pelatihan Pengembangan Media Daring

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Dalam rangka mempersiapkan dan mengembangkan media pemebelajaran untuk mempermudah proses pembelajaran dalam bentuk daring (on line dan off line), dalam menyambut tahun ajaran baru, SMA Insan Cendekia Syech Yusuf (ICSY) Gowa mengadakan Pelatihan Pengembangan Media Daring, Selasa 23 Juni 2020.

Kepala Sekolah SMA Insan Cendekia Syech Yusuf, Mustakim M. S.Kom., M.I.Kom. mengatakan tujuan kegiatan ini sebagai media untuk mempermudah guru dalam menyampaiakan materi dalam bentuk video yang akan di pelajari oleh siswa dan untuk siswa bisa lebih mudah mendapatkan materi dengan mendowload di alamat yang di berikan atau mendowload di web sekolah.

“Selain itu, untuk mengurangi biaya internet karena setelah materi sudah di download siswa bisa pelajari di rumah kapan saja dengan off line dan tidak lanjutnya bisa menggunakan aplikasi yang lain

Mustakim berharap semoga bermanfaat bagi guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, kegiatan ini akan berlajut di sesuaikan dengan apa yang di butuhkan guru dalam mempermudah pembelajaran melalui IT dengan harapan semoga bisa di aplikasikan dan di kembangkan untuk memperlancar proses pembelajaran di SMA ICSY.

Sementara itu, Selaku Dewan Pembina SMA ICSY, Prof Arismunandar megaku sangat senang dan mengapresiasi kegiatan yang dilakukan SMA ICSY dengan melibatkan seluruh guru dan didampingi oleh para dosen dan tenaga ahli dari Universitas Negeri Makassar yang bertujuan untuk mengembangkan kompetesnis guru dalam pembelajaran digital baik dalam menghadapi era masa depan maupun untuk jangka pendek dalam mengatasi suasana libur dan Covid-19 saat ini.

“Tentu saja kami meyakini bahwa workshop dan pelatihan ini sangat berguna sekali untuk memberi dukungan yang sangat luas dalam rangka mengembangkan pilar keunggulan dari SMA ini yaitu pemanfaatan TIK tentu jangka pendek memberikan dukungan untuk pembelajaran,”ujarnya.

Tambahnya, sementara jangka panjang adalah untuk membwa siswa-siswi untuk memiliki kemampuan global sebagai salah satu kompetensi yang diisyaratkan oleh persaingan di dunia internasional saat ini,

“Kami berharap melalui ini dihasilkan guru-guru unggul, penggerak dan inovatif yang akan menyebabkan berdampak pada penguatan dan inovasi pembelajaran di kelas, saya kira untuk membangun citra sekolah sebagai sekolah yang keren dan gaul berwawsan internasional menjadi nyata melalui workshop ini,”tuturnya.

Terpisah, Selaku Ketua Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNM, Dr. Nurhikmah, S.Pd., M.Si menyampaikan kegiatan dilakukan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyiapkan media dan sumber belajar yang dapat digunakan kapan dan dimana saja. Salah pengembangan media yang dikembangkan pada pelatihan ini adalah profuksi media video pembelajaran.

“Dengan produk yang dihasilkan dapat membantu guru mengatasi keterbatasan yang dimiliki oleh internet misalnya menghemat penggunaan kuota, karena video pembelajaran dapat dilihat kapan saja dan dimana saja setelah didownload. Harapannya, semoga pembelajaran daring tetap dapat terlaksana dengan berbagai kreatifitas guru memproduksi media dan sumber belajar berbasis IT,”tutupnya. (sum)