Beranda Hot News Sejahterakan Petani, Yuliani Paris Gelar Diseminasi Perbanyak Bibit Merica di Bulukumba dan...

Sejahterakan Petani, Yuliani Paris Gelar Diseminasi Perbanyak Bibit Merica di Bulukumba dan Sinjai

Minggu, 12 Agustus 2018, 16:12 WITA

BULUKUMBA, RADARSELATAN.CO.ID — Anggota DPR RI, Andi Yuliani Paris (AYP) mengundang para petani merica untuk mengikuti Diseminasi Teknologi Perbanyakan Benih Tanaman Lada Secara Ex Vitro yang diadakan di dua lokasi yaitu di kantor Desa Bontomanai Kecamatan Rilau Ale Kabupaten Bulukumba dan Kantor Badan Penyuluh Pertanian Kelurahan Mananti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai. 

Perbanyakan kultur jaringan langsung di lokasi kebun merica dimaksudkan agar petani langsung mendapatkan bibit merica yang unggul dan sudah beradaptasi dengan kondisi cuaca, jenis tanah, dan ketahanan hama, di lokasi kebun merica. 

Advertisement

Diseminasi ini di ikuti oleh 100 orang petani merica yang nantinya akan memperluas area penanaman merica dgn bibit unggul yg langsung di budidayakan oleh petani, program ini dilakukan antar kerjasama Anggota DPR-RI Komisi VII dengan BPPT, hadir pada acara ini Bapak Minaldi (staff ahli kultur jaringan pusat pengembangan bio teknologi pertanian BPPT), Bapak Dr. Agung Eru Wobowo M. Si.,Apt (Kepala Balai Bioteknologi BPPT) Dihadiri pula pula Bapak Dr. Ir. Soni Solistia Wirawan, M.Eng (Deputi Kepala BPPT Bidang Teknolog Agroindustri dan Bioteknologi).

“Melalui kegiatan ini, diharapkan kebutuhan benih lada di Kabupaten Bulukumba bisa terpenuhi dan pada giliranya proses peremajaan tanaman lada berjalan dengan baik, perkebunan lada tumbuh dengan baik dan produktivitas lada juga bisa meningkat dengan baik,” ujar Bapak Soni Solistia Wirawan. 

Andi Yuliani Paris (AYP) Anggota DPR-RI berharap bahwa kedepannya petani dapat secara mandiri memperbanyak bibit merica yang unggul. Melalui kegiatan ini, diharapkan kebutuhan benih lada di Kabupaten Bulukumba bisa terpenuhi dan pada gilirannya proses peremajaan tanaman lada berjalan dengan baik, perkebunan lada tumbuh dengan baik dan produktivitas lada juga bisa meningkat dengan baik. (rls)