Selamat Kepada Penerima SAKIP Award

by

Gowa, Bantaeng, Bulukumba dan Sinjai

RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) menyerahkan laporan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) kepada sejumlah pemerintah daerah.

Seluruh pemda ini terdiri dari seluruh 174 pemerintah kabupaten/kota dan 12 pemerintah provinsi se-Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, DI Yogyakarta, dan Jawa Tengah.
Rapor SAKIP tahun 2018 ini diserahkan langsung MenPAN-RB, Syafruddin kepada masing-masing kepala daerah di Hotel Four Point By Sheraton Makassar, Selasa, 19 Februari 2019.

Khusus di Sulsel bagian selatan, ada empat kabupaten menerima penghargaan sebagai pemerintah daerah yang berhasil menerapkan SAKIP dalam tata kelola pemerintahan dengan nilai B.

Penghargaan disampaikan langsung Menteri PAN-RB, Syafruddin dan diterima bupati serta perwakilan setiap daerah penerima penghargaan.
Kementerian PANRB memberikan apresiasi terhadap pemerintah kabupaten/kota karena dinilai berhasil menerapkan SAKIP dengan baik dan mewujudkan tingkat efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran demi mencapai sasaran yang telah ditetapkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Menpan RB, Syafruddin mengatakan, dengan penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah maka sepuluh pemerintah provinsi dengan 174 kabupaten dan kota, mampu menghemat Rp 6,9 triliun. Sedang secara nasional 2018 berhasil menghemat anggaran sebesar Rp. 65,1 triliun.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bulukumba Andi Bau Amal yang menerima penghargaan mengatakan, pencapaian predikat “B” tidak terlepas dari penerapan kegiatan yang mengedepankan efektifitas dan efisiensi serta adanya sinkronisasi dan sinergitas semua perangkat daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan.
Selain itu, lanjut Andi Bau Amal, capaian tersebut berhasil diraih karena adanya komitmen yang kuat dari kepala daerah dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program kegiatan.
Bantaeng juga merupakan salah satu pemda yang telah mampu mewujudkan tingkat efektivitas dan efisiensi dalam penggunaan anggaran, sesuai sasaran yang telah ditetapkan.
Bupati Bantaeng, Ilhamsyah Azikin pada kesempatan tersebut, menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran SKPD atas pencapaian itu.

“Tentu penghargaan ini menjadi kebanggaan kita semua, apalagi Bantaeng merupakan salah satu dari 6 kabupaten/kota yang meraih Predikat B untuk Sulawesi Selatan,” tutur Ilham.
Sekretaris Daerah Sinjai, Akbar Mukmin mengungkapkan bahwa penghargaan ini patut disyukuri karena untuk memperoleh nilai ini sangat berat.
“Jadi apa yang kami kerjakan sudah cukup bagus, ini artinya arah penganggaran sudah sesuai rencana, tepat waktu, tepat sasaran dan terjadi efisiensi dan efektivitas dari segi anggaran,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan sangat mengapresiasi atas capaian tersebut. “Kami sangat berterima kasih kepada pimpinan SKPD karena laporan SAKIP dan penilaian sangat ditentukan oleh inovasi yang dibuat para SKPD dan saya sangat mengapresiasinya,” ucap bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia itu.
Adnan mengaku, sejak tahun lalu pihaknya selalu menggenjot para SKPD untuk memperbaiki laporan SAKIP agar target tercapai. (*)

LAPORAN: TIM REPORTER
EDITOR: HASWANDI ASHARI