Sempat Protes, Opu Tetap Ikut Tes

* Nilai Tes Selisih Enam Angka dengan Incumbent

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Meski sebelumnya sempat protes, bakal calon kepala desa (bacalon kades) Desa Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, Andi Baso Maurgawali memutuskan tetap hadir mengikuti tes tertulis di Kampus STIKes Panrita Husada Bulukumba, Sabtu, 15 Februari 2020.

Kepada Radar Selatan, pria yang akrab disapa Opu ini mengatakan, ita tak pernah mempersoalkan tes tertulis yang wajib diikuti bacalon. Tapi yang disoal adalah hasil tes jika jika perolehan suara seri.

Menurutnya hal tersebut tidak memiliki landasan aturan yang jelas.

“Yang saya persoalkan itu adalah jika terjadi perolehan suara seri, penentuan hasilnya dilihat dari nilai hasil tes tertulis, dan jumlah pemilih dari Dusun di mana calon terkait berdomisili,” ucapnya.

“Misalnya saya yang berdomisili di luar Desa Bontonyeleng jika nanti ada hasil seri jelas saya dirugikan,” lanjutnya

Terkait pernyataan yang beredar luas di media online, Opu menilai ada kesalahan pemaknaan dari pernyataannya.

“Mungkin teman-teman wartawan pada saat itu salah memaknai. Yang saya maksud, saya mempersoalkan penetapan hasil pemilihan dari variabel hasil tes tertulis ataupun dari jumlah populasi penduduk dusun domisili,” paparnya.

Sebelumnya, ramai diberitakan, Opu secara tegas menyatakan tidak akan menghadiri tes tertulis yang diagendakan DPMD. Ia menganggap bacalon kurang dari kuota (5 bakal calon) tidak perlu mengikuti tahapan tes tertulis, karena menurutnya itu tidak ada dalam aturan.

“Undang-undang dilanggar, termasuk Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, karena rujukan perda adalah undang-undang. PMD ini mau bikin aturan baru,” tegasnya seperti yang dilansir dalam salah satu situs pemberitaan online.

“Saya tidak akan ikut tes, kalau berani dia lakukan, kita akan gugat. Karena itu tidak ada dalam aturan,” lanjut mantan anggota DPRD Bulukumba ini.

*Selisih Enam Angka

Usai tahap tes tertulis, dua bakal calon kepala desa Bontonyeleng, Kecamatan Gantarang, ditetapkan sebagai calon kepala desa. Masing-masing Andi Baso Mauragawali (Opu) dan Baharuddin.

Penetapan berlangsung di Kantor Desa Bontonyeleng oleh Panitia Pemilhan Kepala Desa (PPKD) setempat, Minggu, 16 Februari kemarin. Selain itu, hasil tes tertulis keduanya juga telah diketahui.

“Pak Baharuddin 68 (nilai hasil tes ujian, tertulis, red) dan Opu 62,” beber salah seorang Anggota PPKD Bontonyeleng, Ulfiani saat dihubungi Radar Selatan, kemarin.

Diketahui, Pilkades di Desa Bontonyeleng hanya diikuti dua bakal calon kepala desa, yakni Andi Baso Mauragawali dan Baharuddin yang juga incumbent. Pertarungan politik diprediksi berlangsung seru.(*)

 

REPORTER: BASO MAREWA
EDITOR: SUPARMAN