Radar Selatan

Bulukumba

Sinyalmen Ketum PAN, Nama Yuliani Paris Menguat Jadi pimpinan DPR-RI

Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan dan Anggota DPR-RI Komisi VII, Andi Yuliani Paris

MAKASSAR, RADAR SELATAN.CO.ID — Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, memberikan sinyalmen sosok PAW pimpinan DPR nonaktif, Taufik Kurniawan. Figur sang calon pengganti tersebut, terungkap dalam pidatonya di acara Polmark dan PAN di Hotel Sahid Makassar, Jalan dr Ratulangi, Kamis 21 Maret 2019.

Zulkifli mengatakan, pihaknya akan menyiapkan kader terbaiknya untuk mengisi kursi kosong itu. Alasan memilih perempuan karena tidak ada perempuan dari PAN yang mengisi posisi pimpinan di lembaga negara.

“Nanti saya pilih betul pimpinan DPR adalah perempuan, karena tidak ada perempuan di DPR,” ungkapnya.

Dikatakannya, wajib bagi partainya untuk memprioritaskan perempuan. Apalagi PAN memiliki agenda yang sangat pro oleh perempuan, termasuk emak-emak di dalamnya.

Sosok perempuan dalam tubuh PAN itu kemudian, mengarah ke Anggota Komisi VII DPR-RI Yuliani Paris, hal itu terkuat dihadapan mahasiswa Universitas Hasanuddin. Dimana Zulkifli Hasan, menyebut sosok Yuliani Paris satu diantara kader perempuan PAN yang berpengaruh.

Menyikapi hal itu, Mantan Ketua DPD PAN Bulukumba, yang juga mantan Legislator Provinsi Sulsel,A Edy Manaf, menilai nama Yuliani Paris patut diperhitungkan. Diakui meski dalam tubuh PAN sendiri terdapat sejumlah politisi perempuan, namun sebagai kader PAN yang berasal dari Sulsel, tentu ia berharap AYP bisa jadi alternatif pilihan, mengigat torehan prestasi selama menjabat dua periode anggota DPR-RI telah banyak memberikan kontribusi positif terhadap bangsa Indonesia.

“Memang sempat disinggung itu, Bang Zul hadir ,Pak Rocky Gerung termasuk saya dan teman teman kader PAN di Bulukumba, jadi Bang Zul sempat melontarkan pernyataan itu. Bagi saya siapa saja, tapi tentu berharap Ibu AYP apalagi kan asal Sulsel, bangga kan kita. Beliau juga kan ketua DPP dan politisi senior PAN,”terangnya.

Lanjut dia, menerangkan alasan Zulkifli Hasan, melontarkan keiginan sosok perempuan sebagai PAW Pimpinan DPR RI, melihat semangat emak-emak atau kaum perempuan dalam kanca perpolitikan yang menjadi bagian energi terbesar. Hal itu pula dirasakan Ketua DPW PAN Ashabul Kahfi, dimana perempuan saat ini menjadi penggerak dan pengaruh dalam lingkungannya.

“Harus memang ada refresentasi perempuan diruang pemerintahan bahkan diunsur pimpinan lembaga negara, nama ibu Yuliani Paris, tentu patut diperhitungkan,”katanya.

Sekedar diketahui, menguatnya nama calon pengganti pimpinan DPR, setelah sebelumnya Taufik Kurniawan didakwa menerima suap dari Bupati Kebumen Yahya Fuad dan Bupati Purbalingga Tasdi. Jaksa KPK menyebut Taufik melanggar Pasal 12 Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas UU No 21 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 65 ayat (1) KUHP jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. Sedangkan yang kedua adalah pasal 11 dengan dakwaan yang sama.

Total uang suap yang diterima terdakwa adalah Rp 4,85 miliar, dengan rincian dari Bupati Kebumen Yahya Fuad sebesar Rp 3,65 miliar dan dari Bupati Purbalingga Tasdi sebesar Rp 1,2 miliar. Suap tersebut terjadi kala terdakwa meminta fee 5 persen untuk menggolkan Dana Alokasi Khusus di dua daerah itu. (faj).

Berita Populer

To Top
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!