SMAN 1 Sinjai Simulasi UNBK Pakai Android

by
SIMULASI. SMAN 1 Sinjai memiliki cara yang lebih praktis dalam melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yakni dengan menggunakan handphone android, Senin, 11 Maret 2019.

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Berbeda dengan sekolah lainnya, SMAN 1 Sinjai memiliki cara yang lebih praktis dalam melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yakni dengan menggunakan handphone android.
“Jika selama ini handphone android sering digunakan untuk browsing atau berselancar di dunia maya, ternyata melalui aplikasi yang diinstal pihak sekolah, handphone android tersebut bisa digunakan untuk simulasi UNBK,” ujar Kepala SMAN 1 Sinjai, Andi Arifuddin saat ditemui di ruang kerjanya, Senin, 11 Maret 2019.

Secara teknis, terang Arifuddin, ujian berbasis android ini tak memiliki perbedaan mencolok dengan ujian konvensional lainnya. Namun yang membedakan hanya media yang digunakan untuk mengerjakan soalnya saja.
Untuk teknis pengerjaan soal, sama halnya dengan menggunakan laptop, siswa harus login terlebih dahulu lalu mengerjakan soal dan klik jawaban yang dianggap benar.

“Hemat dan efesien. Tidak lagi butuh kertas, pensil dan memudahkan guru karena tidak perlu mengoreksi lembar jawaban siswa,” ujar dia.
Sementara itu Wakil Ketua Panitia UNBK SMAN 1 Sinjai, Maulid mengatakan bahwa simulasi UNBK ini berlangsung selama dua hari hingga Selasa, 12 Maret 2019 dan mulai tanggal 13 hingga 21 Maret 2019 dilaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN).
Lebih lanjut dikatakan bahwa dalam pelaksanaan USBN, pihaknya menggunakan tujuh ruangan, dimana lima ruangan menggunakan laptop/komputer dan dua ruangan menggunakan android.

Untuk hari pertama pelaksanaan simulasi ada kendala sedikit terkait gangguan jaringan server dari pusat namun hal tersebut tidak mengganggu jalannya simulasi. (mul/has)

Loading...