Smart SIM Bisa jadi Alat Transaksi Elektronik

by
Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Ridwan memperlihatkan contoh Smart SIM yang mulaidiluncurkan kemarin.

BULUKUMBA,RADARSELATAN — Korlantas Mabes Polri telah mengeluarkan desain baru Surat Izin Mengemudi (SIM). Selain perbuahan desain, SIM kali ini menerapkan teknologi modern dan diberi nama Smart SIM.

Smart SIM juga memiliki beberapa keunggulan dibanding dengan SIM lama dan resmi diluncurkan pada 22 September 2019 tepat di HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke-64. Smart SIM ini pun resmi diluncurkan di wilayah hukum Polres Bulukumba pada Rabu 6 November 2019.

Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Ridwan, melalui Kasat Lantas, AKP I Made Suarma mengatakan, Smart SIM adalah perpaduan antara perubahan bentuk fisik serta data chip kartu SIM. SIM ini memberdayakan teknologi dan informasi secara terpusat dan terpadu.

“Kalau SIM lama sudah habis masa berlakunya, masyarakat bisa menggantikannya menjadi Smart SIM. Kalau SIM lama masa berlakunya kan sesuai tanggal dan bulan lahir, kalau Smart SIM ini (masa berlaku) sesuai dengan tanggal registrasi pembuatan SIM itu,” paparnya.

Menurut, I Made Suarma, ada perbedaan Smart Sim dengan Sim lama. Smart SIM lebih simple pada kolom identitas pemohon, sedangkan SIM lama lebih banyak tuliskan detail data pemohon meliputi nomor SIM,nama ,alamat tanggal lahir ,tinggi badan, foto ,tanda tangan dan masa berlaku sim serta sidik jari.

Namun pada Smart SIM sendiri judul identitas pemohon hanya digantikan nomor sementara foto ,sidik jari dan tanda tangan masih di tampilkan pada smart sim ini.
“Bahkan Smart SIM ini bisa berfungsi sebagai alat pembayaran elektronik seperti transaksi e-Toll dan pembayaran elektronik di beberapa supermarketm,” tutupnya. (one/man)

REPORTER: IRWAN
EDITOR: SUPARMAN

Loading...