Soppeng Kini Miliki PCR, Bisa Deteksi Covid-19 Dalam 2 Jam

RADAR SELATAN — Pemerintah Kabupaten Soppeng bertindak cepat dengan menghadirkan teknologi PCR atau Polymerase Chain Reaction yang mampu mendeteksi virus corona atau Covid-19. Pengadaaan PCR di Kabupaten Soppeng merupakan terobosan Bupati Soppeng Andi Kaswadi. Ini diungkapkan ahli patologi, dr Mustakim  seperti dilansir Soppeng Today, Rabu 22 April 2020.

Disebutkan bahwa alat PCR sudah ada di laboratorium  Kesehatan Daerah di Jalan Samudera. Alat PCR yang didatangkan dari Jerman, diklaim mampu mendeteksi adanya virus Covid-19 di dalam tubuh manusia melalui pemeriksaan air liur dan cairan di tenggorokan. “Dalam waktu dua jam saja bisa ketahuan apakah pasien positif atau tidak. Dengan adanya alat ini kami bisa melayani 90 orang  per hari,” ujarnya. Dengan begitu, sampel pasien ODP maupun PDP tidak perlu lagi dibawa ke Makassar untuk diperiksa.

Dr Mustakim mengaku salut dengan respon cepat Bupati Soppeng yang langsung memesan alat PCR. Ini adalah PCR pertama di luar Makassar. Kabarnya, seperangkat PCR tersebut dibeli Pemkab Soppeng seharga Rp 2,4 Miliar. (rdr)