Beranda Bulukumba STNK Dirancang Menyerupai SIM

STNK Dirancang Menyerupai SIM

Senin, 4 November 2019, 16:42 WITA
AKP I Made Suarma, Kasatlantas Polres Bulukumba

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) berencana mengubah wujud STNK yang sebelumnya hanya berupa kertas yang dibungkus plastik, menjadi kartu yang bentuknya seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) atau kartu Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Kepala Satlantas Polres Bulukumba, AKP I Made Suarma mengatakan, perencanaan terkait bentuk STNK menjadi kartu masih dalam tahap pematangan.

Advertisement

“Terkait hal tersebut masih dalam tahap pematangan baik dari aspek digitalisasi, keamanan, maupun efektif dan efisien penggunaannya,” katanya, Senin, 4 November 2019.

Namun diharapkan program tersebut sesuai dengan schedule bahwa hal itu bisa dilaksanakan pada awal 2021 mendatang.

“Masih tahap rencana, untuk lain-lainnya belum kami ketahui, karena belum ada surat resmi yang menyebutkan. Tunggu konfirmasi dari pusat,” tuturnya.

Sementara itu Direktur Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, Brigadir Jenderal Polisi Halim Pagarra membenarkan informasi tentang rencana Polri yang ingin mengubah STNK kertas menjadi kartu.

“Saat ini rencana itu sedang dalam tahap pembahasan oleh semua pihak terkait. Masyarakat juga nanti akan diminta tanggapannya, apakah setuju atau tidak. Kami lakukan diskusi dulu dan persiapkan anggaran. Kalau tak ada halangan, 2021 diterapkan,” terangnya.

Sekadar informasi beberapa hal yang menjadi dasar perubahan bentuk STNK adalah pencatatan dan penyimpanan data yang masih manual. Hal ini menyebabkan prosesnya memerlukan waktu lama. Alasan keamanan juga menjadi pertimbangan rencana perubahan ini. Pasalnya STNK berbahan kertas mudah rusak, hilang dan dipalsukan. (ria/has)