Syahiruddin Dinilai Sosok Tepat Pimpin Swatani

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Pilkades yang diikuti 64 desa di Kabupaten Bulukumba tidak lama lagi digelar. Sejumlah bakal calon terus mematangkan persiapan.

Salah satunya yakni Syahiruddin. Bakal calon Kepala Desa Swatani, Kecamatan Rilau Ale ini kembali mendapatkan dukungan dari masyarakat Swatani untuk maju di pilkades 2020.

Dukungan masyarakat banyak datang dari para tokoh seperti tokoh agama dan tokoh pemuda. Syahiruddin juga dinilai sangat tepat memimpin Swatani karena selain cerdas dan tutur katanya yang lembut, type dan karakter yang dimilikinya juga sangat sederhana.

Bahkan masyarakat menilai Syahiruddin terbuka dan mudah ditemui, bermasyarakat, mudah diajak komunikasi serta berpenampilan yang sangat sederhana.

Pilkades kali ini adalah pertarungan yang kedua kalinya setelah bertarung di periode 2014-2020 yang lalu dan sempat meraih sebesar 374 suara dengan tiga calon kades saat itu.

“InsyaAllah dengan tekad dan niat yang tulus, saya ingin  mengabdikan diri untuk Swatani,” tegas sarjana Sastra ini.

Jika Tuhan memberikan rezeki memimpin Swatani, Syahiruddin membeberkan konsep dan metode yang harus diterapkan nantinya.

Menurut Syahiruddin, Desa Swatani memiliki potensi yang cukup besar terutama dari segi Sumber Daya Alam (SDA) maupun dari segi Sumber Daya Manusianya (SDM).

Iapun mencatat ada enam potensi yang menjadi program prioritas jika dirinya diamanahkan menjadi kepala desa periode 2020-2026 di antaranya:

1. Sektor Keagamaan yaitu manjadikan Desa Swatani desa Muslim dan berahlak. 2. Sektor Pertanian yakni menjadikan Swatani sebagai lahan pertanian baik jangka pendek maupun jangka panjang dengan cara memberikan motivasi dan mendorong untuk pro aktif dalam budidaya tanaman jangka pendek maupun jangka panjang. 3. Sektor Peternakan yakni menjadikan Desa Swatani sebagai sentra peternakan  melalui pembinaan kelompok-kelompok yang sudah ada, selain itu diberikan pendampingan baik berupa suntikan dana maupun pelatihan-pelatihan. 4. Olahraga dan organisasi kepemudaan: Pemuda selaku ujung tombak dan generasi penerus perlu diberi ruang yang seluas-luasnya untuk berkreasi dan berinovasi di bidangnya masing-masing baik secara kelembagaan ataupun perorangan dengan bantuan anggaran secukupnya. 5. Infarastruktur dengan melanjutkan pembangunan fisik yang belum sempat dilaksanakan dengan mengutamakan skala perioritas sesuai kebutuhan masyarakat tanpa membeda-bedakan. 6. Menata Sistem Birokrasi Pemerintahan dengan menempatkan orang-orang tepat sesuai fungsi dan kedudukannya tanpa ada intervensi dari pihak manapun dengan melalui seleksi dan permintaan orang banyak yang diputuskan lewat musyawarah dan mufakat, serta menjalin kerja sama antara sesama aparat mulai dari Babinkamtibmas, Babinsa, BPD, kepala dusun hingga tingkat RT.

Program inipun mendapat apresiasi dari Supriadi, salah satu tokoh pemuda Swatani. Menurutnya, Syahiruddin adalah sosok calon pemimpin yang bijaksana beliau juga berpengalaman di berbagai bidang dan sangat dikenal sebagai orang yang sabar.

“Makanya untuk ikut berkontekstasi di Pilkades saya sangat berharap kepada beliau apabila diberi amanah maka beberapa yang perlu diperhatikan yang pertama adalah sektor pertanian yang kedua adalah kepemudaan yang ketiga pemerataan pembangunan,” harapnya.

Adi Hettong juga meyakini Syahiruddin akan memenangkan kontestasi pilkades dengan melihat hasil suara pilkades 2014 lalu. Hanya saja, yang dibutuhkan saat ini yakni meningkatkan sosialisasi dan silaturahmi.

“Secara pribadi saya sangat antusias memberikan dukungan kepada beliau (Syahiruddin) untuk kembali ikut dalam perhelatan ini,” tegasnya. (has