Beranda Bulukumba Tahapan Pilkada Dimulai Oktober

Tahapan Pilkada Dimulai Oktober

Selasa, 27 Agustus 2019, 19:36 WITA
Wawan Kurniawan

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Jadwal dan tahapan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dan Bupati dan Wakil Bupati dan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020 serentak akan dimulai awal Oktober 2019 mendatang.

Hal itu sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 15 tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan.

Advertisement

Informasi yang dihimpun RADAR SELATAN, berbeda dan menariknya pilkada serentak kali pertama ini jadwal kampanye cukup singkat yakni hanya 71 hari dimulai pada 11 Juli hingga 9 September.
Baik itu kampanye di media massa, penyebaran alat peraga kampanye serta debat kandidat serta kampanye terbuka dan terbatas.

Komisioner KPU Bulukumba, Wawan Kurniawan yang dikonfimasi membenarkan jika tahapan Pilkada serentak 2020 telah dikeluarkan KPU RI melalui PKPU Nomor 15 Tahun 2019. Tahapan awal akan dimulai pada 1 Oktober dengan penandatanganan NPHD.

“Soal anggaran dulu kan. RKA sedang kita susun, yang sebelumnya Rp48 miliar akan diubah atau disesuaikan dengan kebutuhan,” jelasnya, Selasa, 27 Agustus 2019.

Wawan pun mengisyaratkan jika anggaran yang sebelumnya diusulkan Rp48 miliar akan diturunkan lagi. Hal itu sebagai wujud komitmen pihaknya dalam hal efisiensi dan efektifitas anggaran.
“Harus turun dong, pilkada itu kan dibiayai oleh anggaran daerah, jadi kita harus memikirkan kondisi daerah juga,” katanya. (faj/has)

REPORTER: RAKHMAT FAJAR
EDITOR: HASWANDI ASHARI