Tiga Bacalon Kades Gugur Seleksi Berkas

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Tahapan seleksi administrasi bakal calon kepala desa telah usai. Hasilnya, tiga dari 301 bacalon di 64 desa dinyatakan tidak lolos secara administrasi.

Kasi Kelembagaan dan Pengembangan Aparat Desa DPMD Kabupaten Bulukumba, Andi Riefad Muslimin mengungkapkan, tiga bacalon ditanyakan tidak memenuhi syarat secara administratif. Masing-masing bacalon dari Desa Tambangan atas nama Andi Sulfikar, Kasman dari Desa Garanta, dan H Ahmad dari Desa Singa.

“Terkhusus untuk H Ahmad dari Desa Singa kita masih menunggu konfirmasi ulang dari PPKD setempat. Apakah bakal calon terkait telah melengkapi berkasnya atau belum, sampai hari ini (kemarin, red) batas akhirnya,” ungkapnya.

Selain H.Ahmad, dua bacalon lainnya sudah dipastikan tidak lolos pada seleksi administrasi berkas dengan latar belakang masalah yang berbeda-beda. Misalnya Andi Sulfikar dari Desa Tambangan yang tidak melengkapi berkasnya dan memilih untuk mengajukan permohonan mengundurkan diri.

Sementara Kasman dari Desa Garanta, Kecamatan Ujungloe, tidak melengkapi berkasnya dan dipastikan sudah tidak dapat lagi mengikuti proses selanjutnya.

Untuk penetapan dan pengumuman secara resmi nama-nama bakal calon kepala desa yang lulus berkas, menurut Riefad dikembalikan ke PPKD di masing-masing desa

“Pengumuman dan penetapannya akan diumumkan oleh PPKD di masing-masing desa pada 11 Februari 2020,” ujarnya.

Riefad menegaskan, pada 11 Februari bukan sebagai penetapan bakal calon menjadi calon, melainkan hanya pengumuman yang lolos administrasi berkas. Menurutnya, penetapan calon kepala desa dilaksanakan setelah semua bakal calon telah mengikuti seleksi tes tertulis.

Khusus desa lebih dari lima bakal calon diwajibkan mengikuti tes tambahan, yakni tes wawancara. Kemudian ditetapkan menjadi calon kepala desa jika memang memenuhi syarat dari kedua tahapan tes tersebut.

“Setelah seleksi berkas, selanjutnya bakal calon kepala desa akan mengikuti tes tertulis dan khusus untuk yang melebihi kuota (5 bakal calon) akan lanjut tes wawancara,” terang Riefad. (*)

 

REPORTER: BASO MAREWA
EDITOR: SUPARMAN