Tipikor Selidiki ADD Bonto Baji

by
TURUN PERIKSA. Unit Tipikor Polres Bulukumba turun memeriksa pekerjaan fisik ADD Desa Bonto Baji, Kecamatan Kajang, Minggu, 30 Juni 2019.

REPORTER: RAKHMAT FAJAR
EDITOR: HASWANDI ASHARI

BULUKUMBA, RADAR SELATAN — Polres Bulukumba melalui Unit Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) sedang melakukan penyelidikan terhadap penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) Desa Bonto Baji, Kecamatan Kajang.

Informasi yang dihimpun RADAR SELATAN, penyelidikan tersebut dilakukan untuk menguatkan ada atau tidaknya kesalahan dalam penggunaan anggaran dana desa tahun 2016 hingga 2018.
Pemeriksaan pengerjaan fisik sendiri diketahui telah dilakukan para penyidik Tipikor bersama tim ahli dari Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Pemkab Bulukumba.
Hanya saja, hingga dua hari dilakukan pengecekan ke lokasi pembangunan fisik, belum disimpulkan ada tidaknya penyalahgunaan anggaran.

Kapolres Bulukumba, AKBP Syamsu Ridwan membenarkan adanya penyelidikan yang dilakukan pihaknya. Pengecekan langsung dengan menurunkan personel ke lapangan diawali dengan pemeriksaan laporan pertanggungjawaban keuangan Desa Bonto Baji.

“Jadi baru pengumpulan bahan keterangan oleh Tipikor, jadi ini berdasarkan laporan masyarakat. Masih sebatas penelusuran saja,” katanya, Minggu, 30 Juni 2019.
Lanjut dia, pemeriksaan fisik dilakukan untuk mencocokkan laporan pertanggungjawaban keuangan yang terlebih dahulu diperiksa. Selain itu, dilibatkannya tim ahli dari dinas terkait, dalam rangka ikut membantu menguatkan data yang ada.

“Apakah sudah sesuai atau belum. Masih dalam proses penyelidikan dan mengumpulkan bahan keterangan saja. Ini dalam rangka pengawasan saja, agar pengeloloaan anggaran dana desa terkelola dengan baik sesuai aturan, imbauan ini juga terus kita lakukan melalui teman-teman Bhabinkamtibmas di lapangan,” jelasnya. (faj/has)