Beranda Ragam Upaya BUMDes BSM Bangkit di Masa Pandemi Corona

Upaya BUMDes BSM Bangkit di Masa Pandemi Corona

Senin, 6 Juli 2020, 15:09 WITA
Ketua BUMDes BSM Desa Sunggumanai, Noor Salam Ago.

GOWA, RADAR SELATAN–Badan Usaha Milik (BUMDes) yang menjadi salah satu ujung tombak dalam memajukan sektor perekonomian di desa ikut merasakan dampak selama pandemi Corona atau Covid-19 menyebar di Indonesia.

Di Sulawesi Selatan misalnya, BUMDes BSM Desa Sunggumanai, Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gowa bahkan sempat berhenti melakukan kegiatan selama dua bulan lamanya.

BUMDes yang dinobatkan sebagai BUMDes terbaik di Sulsel tahun 2019 lalu ini tak mampu berbuat banyak selama virus Corona mulai mewabah di Kabupaten Gowa.

“Iya, kita sempat off kegiatan selama dua bulan sejak adanya instruksi dari Pemkab Gowa,” kata Ketua BUMDes BSM Desa Sunggumanai, Noor Salam Ago kepada Harian Radar Selatan, Minggu 4 Juli 2020.

Noor Salam mengatakan selama pandemi Corona yang paling terkena dampak di BUMDes yakni Unit Lembaga Keuangan Mikro Desa (LKMD).

Hal itu disebabkan karena menurunnya bahkan terhentinya pembayaran angsuran pinjaman UMKM sehingga terjadi stagnasi perekonomian.

“Mungkin karena diberlakukannya PSBB. Sehingga sebagian masyarakat diwajibkan di rumah saja,” katanya.

Namun, perlahan tapi pasti kata Noor Salam, BUMDes yang dipimpinnya ini mulai bangkit meskipun masih di tengah pandemi Corona atau Covid-19 seperti saat ini.

“Alhamdulillah, bulan Mei hingga Juni kita berusaha bangkit kembali sehingga beberapa kegiatan mulai dilaksanakan,” ungkapnya.

“Alhamdulillah dari 5 unit sudah berjalan 4 unit, dan 1 unit yaitu unit produksi paving blok Insya Allah juga jalan minggu depan,” pungkasnya. (*)