WEDDING AGREEMENT: Menyelamatkan Pernikahan Bersyarat

by

Oleh: Jeri Wongiyanto
Pecinta dan Pengamat Film

HARI pertama usia perkawinan seharusnya merupakan momen bahagia dalam hidup seorang wanita. Namun bagi Tari Hapsari (Indah Permatasari) adalah mimpi buruk. Di hari itu, suaminya Byantara Wicaksana (Refal Hady) memberikan perjanjian perkawinan yang isinya menyatakan bahwa mereka akan bercerai dalam waktu satu tahun.

Byan melakukan hal itu, karena sebelumnya berniat menikahi kekasihnya, Sarah (Aghniny Haque), namun demi bakti pada orangtua, Byan harus menikahi Tari. Kondisi ini, lantas tidak membuat Tari menyerah begitu saja, ia bertekad mempertahankan perkawinannya, dengan berusaha mengambil hati Byan. Dalam usahanya itu, justru Sarah terus berada di tengah mereka.

Sekuat apa Tari bisa bertahan?
Film “Wedding Agreement” adalah karya perdana dari sutradara Archie Hekagery produksi Starvision, diproduseri Chand Parwes Servia dan Fiaz Servia. Diangkat dari novel best seller berjudul sama yang ditulis Eria Chuzaimiah. Bukan perkara mudah, menuliskan kembali novel dalam bentuk skenario film karena keterbatasan adegan yang bisa dimasukkan, namun Archie yang juga menulis skenarionya bersama Mia Chuz berhasil meramunya dengan formula yang cukup rapi dan memikat.

Archie pun sangat berhati-hati dan menjaga plot cerita sesuai dengan novel aslinya agar tidak menyimpang terlalu jauh. Pengalamannya sebagai sutradara ketiga dalam “Ghost Writer” (2019) dan “Dua Garis Biru” dibuktikan di film ini.

Pertanyaan yang sering menggantung dibenak banyak orang, apakah mungkin seseorang bisa menikah tanpa pacaran? “Wedding Agreement” bisa memberi jawaban dengan cara yang manis, tanpa menghakimi siapapun.

Tiga tokoh sentral; Indah Permatasari, Refal Hady dan Aghniny Haque bermain cukup apik, mampu menggiring rasa penonton hingga akhir film. Didukung Jeff Smith, Ria Ricis, Bucek, Unique Priscilla, Mathias Muchus, Ria Irawan, Fergie Brittany dan Yati Surachman, film ini akan menjadi tontonan yang layak untuk disaksikan jelang Idul Adha 1440 H.(*)