Jumlah Atlet Paling Sedikit, Selayar Juara Umum Dua di Cabor Renang Porprov XVII Sulsel

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID - Cabang Olahraga Renang diperhelatan akbar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulawesi Selatan di Kabupaten Sinjai-Bulukumba, hingga Rabu (26/10/2022) sudah tuntas dilombakan.

Kontingen Kabupaten Kepulauan Selayar yang ikut serta dalam kompetisi ini tercatat diperingkat kedua Sulsel, setelah Makassar yang menjuarai cabor renang tersebut.

Selayar berhasil mengumpulkan total 24 medali, yaitu 6 medali emas, 12 perak dan 6 Perunggu. Sedangkan Makassar yang berada di peringkat pertama berhasil mengumpulkan 29 medali emas, 9 perak dan 12 Perunggu.

Sementara diperingkat tiga diraih oleh tuan rumah Kabupaten Sinjai dengan 4 medali emas, 5 perak dan 10 perunggu.

"Dari persiapan Atlet jelang tanding sudah cukup bagus, baik itu dari segi fisik, maupun peralatan yang digunakan sudah memenuhi standar. Kemudian dalam proses pelaksanaan kita mempersiapkan atlet hanya 6 orang, 2 putra dan 4 orang putri," ungkap Muh. Rizal, pelatih Cabor Renang Selayar.

Dari jumlah tersebut, Rizal mengungkapkan bahwa Selayar menurunkan atlet paling sedikit dibanding dengan kabupaten lainnya.

Sejak dimulainya lomba dihari pertama, Risal mengakui bahwa atlet dayung Selayar sempat meraup medali emas. Namun masuk hari ketiga lomba, perolehan medali emas menurun.

"Ini disebabkan karena faktor cuaca yang sangat panas hingga banyak berpengaruh dari segi fisik atlet. Belum lagi disebabkan oleh faktor-faktor lainnya," jelas Rizal

Kendati demikian, Rizal mengakui bahwa dukungan dari Pemda Selayar, KONI Selayar juga dari para pencinta olahraga renang sudah sangat maksimal.

"Masuk pada hari terakhir lomba di tanggal 26 kemarin itu, atlet kita meraup 6 medali emas, 12 perak dan 6 perunggu. Alhamdullilah kita juara umum kedua setelah Makassar. Ini sudah cukup luar biasa karena Makassar mengikuti semua nomor di cabor renang, sedangkan kita mampu mengungguli tuan rumah yang ikut pada semua kelas," ungkap Rizal.

Hingga berita ini diturunkan, perhelatan akbar Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XVII Sulawesi Selatan di Kabupaten Sinjai- Bulukumba masih terus berlangsung.

Perebutan medali dari kontingen 24 Kabupaten Kota di Sulsel makin ketat hingga mendekati berakhirnya Porprov XVII Sulsel ini yang dijadwalkan berlangsung hingga (30/10).

Diajang bergensi ini memperlombakan 33 cabang olahraga (cabor). Diberitakan sebelumnya, Selayar hanya mengikuti 15 Cabor. (Im)

Penulis: ImEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan