Ketua KPK Firli Bahuri Kini Jadi Tersangka, Jubir AMIN Ungkit Upaya Licik ke Anies Baswedan

  • Bagikan
Geisz Chalifah dan Anies Baswedan.

JAKARTA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri resmi ditetapkan tersangka oleh Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pemerasan kepada eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Juru Bicara Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Geisz Chalifah ikut berkomentar atas penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka itu.

"Kini Ketua KPK Firli Bahuri Ditetapkan Jadi Tersangka Pemerasan SYL!," tulis Geisz di akun X miliknya, Kamis (23/11/2023).

Dia mengungkit upaya Ketua KPK itu melakukan pemeriksaan terhadap Anies dalam dugaan korupsi di Formula E.

"Anies ingin ditersangkan dengan cara yang meng-ada-ada. Lebih 9 jam diperiksa. Jutaan orang dari tempat yang sunyi berdoa agar Anies terhindar dari kezholiman. Mereka Melantunkan sholawat Asygil," ungkapnya.

Seperti diketahui, penetapan tersangka Ketua KPK itu dilakukan penyidik usai gelar perkara.

"Menetapkan Saudara FB selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka," kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan, Rabu (22/11).

Penetapan tersangka juga berdasarkan hasil pemeriksaan 91 saksi. Dilengkapi dengan penggeledahan di dua lokasi, yakni rumah Jalan Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan, dan rumah Gardenia Villa Galaxy, Bekasi Selatan.

Penyidik juga telah melakukan penyitaan terhadap barang bukti berupa data elektronik dan bahan elektronik. Kemudian dokumen penukaran vallas dalam pecahan SGD dan USD dari beberapa outlet money changer dengan total Rp 7,4 Miliar sejak bulan Februari 2021 sampai September 2023. (fajar)

  • Bagikan