Tak Singgung Pilkada di Acara Buka Puasa, Ilham Azikin Ingatkan Jaga Kebersamaan Warga Bantaeng

  • Bagikan
Foto: Ilham Syah Azikin. (mad)

BANTAENG, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Warga Kabupaten Bantaeng tampak antusias menghadiri acara buka puasa bersama dengan keluarga besar Anggota DPR RI, DR Azikin Solthan di Jalan Bangau, Minggu, 31 Maret 2024. Sekitar seribuan warga Bantaeng tumpah ruah memadati jalan Bangau yang merupakan kediaman keluarga besar Azikin Solthan menjelang waktu berbuka puasa. 

Pantauan media, sebuah tenda berukuran besar terpasang tepat di depan kediaman DR Azikin Solthan. Warga memadati jalan Bangau dan Jalan Gelatik. Mereka berbondong-bondong hadir untuk bertemu DR Azikin Solthan dan anaknya, DR Ilham Azikin yang merupakan bupati Bantaeng periode 2018-2023. Lalu lintas dari wilayah Jalan Bangau dan Jalan Gelatik terpaksa dialihkan. 

Pidato Ilham Azikin menjelang berbuka puasa juga ikut memberikan ketenangan untuk masyarakat. Dia sama sekali tidak menyinggung Pilkada 2024. Bupati Bantaeng periode 2018-2023 yang bergelar doktor pemerintahan ini mengajak masyarakat Bantaeng untuk senantiasa menjaga persaudaraan di daerah berjuluk Butta Toa ini.

"Tadi sebenarnya pak Azikin yang mau memberikan sambutan. Tetapi saya bilang, cukup saya. Kan kemarin, kita masanya sudah lewat. Setiap pemimpin kan ada masanya. Pak azikin masanya kemarin, sekarang masanya Ilham Azikin," ungkapnya.

Ilham Azikin menyebut, nilai tertinggi yang tertanam di Bantaeng sejak dahulu adalah nilai silaturahmi, kebersamaan dan persaudaraan. Dia berharap, nilai-nilai ini tetap dijaga dan tidak dirusak hanya karena perbedaan. 

"Saya minta sama Pak Ustad tadi. Supaya ingatkan masyarakat, bahwa yang kita mau tekankan, yang kita mau jaga adalah nilai yang paling besar di Bantaeng yaitu nilai kebersamaan, nilai kekerabatan yang saling menghormati," kata dia. 

Dia juga mengajak kepada masayarakat untuk senantiasa menebarkan kebaikan di daerah ini. Dia berharap, warga Bantaeng menjaga kebersamaan dengan tidak saling menjelek-jelekkan. 

"Tidak boleh karena perbedaan, narasi-narasi kebencian yang harus kita keluarkan," kata dia.

Tidak hanya masyarakat Bantaeng yang hadir. Buka puasa bersama dengan keluarga besar Azikin Solthan itu juga dihadiri sejumlah tokoh masyarkat, tokoh politik dan pemerintahan di Kabupaten Bantaeng. Sejumlah anggota DPRD terpilih hadir dalam kegiatan itu. Hadir pula beberapa kepala desa, dan Camat. 

Pembawa ceramah, Ustad Ifan mengatakan, kebersamaan adalah hal paling penting dalam kehidupan sosial ini. Persaudaraan adalah salah satu ajaran inti agama. Semua agama mengajak ‎umatnya untuk memperkokoh persaudaraan.

 "Sebab tidak mungkin manusia ‎mampu menyelesaikan persoalan hidupnya tanpa bantuan orang lain," kata dia. (mad/has/b)

  • Bagikan