Siswa SMPN 8 Bagikan Zakat Fitrah Kepada Warga Kurang Mampu

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- SMP Negeri 8 Kabupaten Bulukumba, baru-baru ini, melaksanakan pembagian zakat fitrah kepada warga kurang mampu di sekitar wilayah sekolah.

Kepala SMP Negeri 8 Kabupaten Bulukumba, Andi Wina Pangki mengatakan zakat fitrah merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim untuk dirinya ataupun yang menjadi tanggungannya yang harus ditunaikan sebelum salat idul fitri. 

"Selain untuk mensucikan diri setelah menunaikan ibadah di bulan Ramadan, zakat fitrah juga dapat dimaknai sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang kurang mampu, membagi rasa kebahagiaan dan kemenangan di hari raya yang dapat dirasakan semuanya termasuk masyarakat miskin yang serba kekurangan," ungkapnya, Senin, 1 April 2024.

Andi Wina Pangki menjelaskan setelah pengumpulan zakat fitrah, kemudian siswa mengemas zakat fitrah ke dalam wadah yang telah disediakan oleh sekolah dan menyesuaikan sesuai dengan takaran yang telah ditentukan. 

"Alhamdulillah ada puluhan paket sembako yang kami salurkan kepada warga kurang mampu disekitar sekolah. Ini juga merupakan bagian dari program Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)," tambahnya.

Andi Wina Pangki menuturkan selain menyalurkan bantuan kepada warga kurang mampu sekitar sekolah, program guru berstatus ASN juga menyisihkan sebagian hartanya untuk dibagikan kepada guru berstatus non ASN juga berupa uang tunai dan sembako.

"Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan kebersamaan SMPN 8 Bulukumba terhadap guru dan pegawai yang masih berstatus honorer. Program ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan kinerja para guru maupun pegawai Non ASN dalam menjalankan tugasnya," tutupnya. (sum/has/B)

Penulis: SumarniEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan