Pemdes Batulohe Gelar Pelatihan Kader Posyandu

  • Bagikan
Pelatihan peningkatan kapasitas Kader Posyandu di Desa Batulohe, Kecamatan Bulukumpa.

BULUKUMBA,RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Desa Batulohe, Kecamatan Bulukumpa, melaksanakan pelatihan peningkatan kapasitas untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat di tingkat desa. Kegiatan tersebut berlangsung Kamis, 2 Mei 2024.

Kepala Desa Batulohe Ibnu Hajar mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader Posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada ibu hamil bayi dan balita.

"Kegiatan ini diikuti oleh puluhan kader Posyandu menghadiri pelatihan dan Bidan Desa yang diadakan oleh pemerintah desa. Pelatihan ini difokuskan pada berbagai aspek kesehatan seperti gizi, imunisasi, pemeriksaan kesehatan ibu dan anak, serta manajemen Posyandu," katanya, Kamis, 2 Mei 2024.

Menurutnya, pada pelaksanaan pelatihan ini, pemerintah desa menghadirkan pemateri dari Puskesmas Tanete.

"Pelatihan juga menekankan pentingnya kolaborasi antara kader Posyandu dan sektor lainnya, seperti tenaga kesehatan di puskesmas setempat, bidan desa, dan Kepala Dusun  Kolaborasi ini akan memastikan adanya pendampingan dan dukungan yang kuat untuk kader Posyandu dalam melaksanakan tugas mereka," jelasnya.

Kegiatan peningkatan kapasitas kader Posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat desa. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang ditingkatkan, kader posyandu akan mampu mengenali serta memberikan penanganan awal yang tepat pada berbagai masalah kesehatan ibu dan anak.

"Selain pelatihan, kegiatan peningkatan kapasitas kader Posyandu juga melibatkan pengenalan teknologi informasi dan komunikasi dalam melaporkan data kesehatan serta mengakses informasi terkait pelayanan kesehatan. Ini diharapkan dapat membantu mempercepat dan mempermudah pelaporan serta pengambilan keputusan berbasis data," tambahnya.

Kegiatan peningkatan kapasitas kader Posyandu akan terus dilakukan secara berkelanjutan, baik melalui pelatihan rutin maupun penyediaan akses terhadap informasi dan sumber daya kesehatan yang diperlukan. Hal ini merupakan upaya konkret pemerintah dalam meningkatkan kesehatan masyarakat di tingkat desa dan mencapai target pembangunan berkelanjutan.

"Dengan adanya upaya seperti ini, diharapkan angka kematian ibu dan anak dapat berkurang, serta kualitas hidup masyarakat di pedesaan dapat meningkat. Kader Posyandu sebagai garda terdepan dalam sistem kesehatan masyarakat berperan penting dalam mewujudkan visi tersebut," tutupnya. (ria/has/B)

Penulis: Fitriani SalwarEditor: Haswandi Ashari
  • Bagikan

Exit mobile version