Yayasan Phinisi Globe Cendekia, Bangkitkan Semangat Belajar Pelajar di Desa Kindang

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Yayasan Phinisi Globe Cendekia Desa memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 dengan mengadakan berbagai lomba di Tandabaca Desa Kindang, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, akhir pekan kemarin.

Jenis lomba yang dilaksanakan, yaitu lomba menulis indah untuk kelas 1-3 SD, lomba membaca cepat untuk kelas 4-6 SD, dan lomba membaca puisi untuk kelas 1-6 SD. Kegiatan lomba tersebut diikuti oleh seluruh SD di Desa Kindang, yaitu SD 208 Kindang, SD 48 Ganting, SD 55 Cibollo, dan Mis As-adiyah Bungaya. 

Sebanyak 66 peserta yang ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut. Kegiatan tersebut diawali dengan pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Desa Kindang, Pengurus Globe Cendekia, komunitas setempat Majelis Pemuda Pelajar Qur'an (MP2Q), para guru SD, dan masyarakat Desa Kindang. 

Ketua Panitia Nasir, mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjadi wadah melatih anak-anak tampil di depan umum, mempererat silaturahmi dengan sesama pemuda dan anak-anak, dan saling mengajak pada kebaikan bersama dan membangun kampung dengan membangkitkan semangat belajar generasi bangsa. 

"Karena itu, kami mengangkat tema bergerak bersama membangun pendidikan Desa Kindang," urainya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Phinisi Globe Cendekia, Faisal berharap ke depannya perlu adanya kerjasama yang kuat dengan pemerintahan setempat untuk pendidikan Desa Kindang lebih maju. 

"Banyak orang cerdas di Desa Kindang. Karena itu, harus kerjasama dengan pemerintah Kindang. Kita pemuda harus membantu pemerintah membangun SDM. 

Konsentrasi kita sebagai pemuda dan pelajar adalah mengembangkan pendidikan anak-anak di desa," katanya.

Terpisah, Kepala Desa Kindang, Indra saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara dan menyampaikan bahwa pemerintah desa siap berkolaborasi. Ia mengungkapkan selaku aparat pemerintah akan selalu memberikan kesempatan dan ruang yang luas untuk anak bangsa dalam melanjutkan pendidikannya. 

"Dikesempatan ini kami menghimbau orangtua untuk anak-anaknya dalam menempuh pendidikan hingga ke jenjang paling tinggi," imbuhnya.

Kegiatan tersebut mendapat sambutan yang hangat dan antusias dari peserta dan orang tua peserta. Perawati, salah satu orangtua peserta lomba mengaku merasa sangat senang dan antusias dengan adanya kegiatan tersebut. Ia merasa bersyukur dengan adanya kegiatan itu dan berharap akan ada kegiatan selanjutnya. 

"Sangat bermanfaat untuk semua anak-anak terutama yg ada di desa Kindang. Harapan saya seringlah melakukan kegiatan seperti ini untuk terus melatih anak-anak. Semoga penyelenggaraan kedepannya bisa menambah jenis lomba lain dan memperluas tingkatan peserta dari TK hingga SMP," ungkapnya.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Nur Ainun Salsabila salah satu peserta lomba mengaku senang dengan adanya lomba yang dilaksanakan.

"Saya sangat senang sekali bisa ikut lomba. Semoga sering ada kegiatan supaya saya ikut lagi," tutupnya. (sum/has/B)

  • Bagikan

Exit mobile version