Paslon JADIMI Bakal Hadirkan Program Sapi Berbasis Rumah Tangga, Disambut Baik Warga

  • Bagikan
Foto: Tomy Satria Yulianto bersama Tokohb Masyarakat Desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang, Bulukumba. (Ist)

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Sejumlah warga di Kecamatan Gantarang berkumpul saat Tomy Satria Yulianto (TSY) bersilaturahmi di desa Benteng Gantarang, Kecamatan Gantarang, Bulukumba.

Warga yang didominasi pria, berdiskusi dengan Tomy Satria, yang memang selalu dilakukan saat menjabat wakil Bupati Bulukumba.

Berbagai hal tersampaikan oleh warga di sana. Hingga akhirnya mereka memaparkan potensi peternakan sapi potong yang menjanjikan.

Menurut salah satu tokoh Desa Gantarang, H Nurali, potensi pengembangan sapi potong telah banyak menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Insya Allah pak Tomy, haruski wujudkanki pengembangan sapi potong ke depannya. Karena ini menambah daya dobrak ekonomi masyarakat," kata pria yang disapa H Ruro itu.

Besar harapan H Ruro, Tomy Satria Yulianto dapat mengembang Amanah warga Bulukumba mendampingi Jamaluddin M Syamsir, agar cita-cita pengembangan sapi ternak dapat terwujud.

Mendengar hal itu, TSY kerap disapa ternyata punya ide cemerlang dalam pengembangan ternak sapi potong di Bulukumba.

Terlebih dahulu ia memaparkan potensi budidaya sapi ternak di Sulawesi Selatan, khususnya di Bulukumba.

Setiap tahunnya kata Tomy Satria, sekurang-kurangnya 500 ekor sapi yang dijadikan hewan kurban khusus di Bulukumba.

"Belum lagi yang dikirim keluar daerah di Sulsel. Sehingga potensi ini memang sangat menjanjikan," kata dia.

TSY juga memaparkan jika Pemerintah Provinsi juga saat ini tengah menggalakkan Program Inseminasi Buatan (IB).

Program ini dapat menambah daya produksi sapi di Bulukumba sehingga dapat mensejahterakan para petani dan peternak.

Provinsi Sulawesi Selatan kata TSY, juga telah dijadikan salah satu dari lima provinsi yang ditetapkan sebagai lokasi penanganan gangguan reproduksi sapi betina. 

Selain itu juga berjalan Program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB). Program ini merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Olehnya kedepan kata Tomy Satria Yulianto, Program bantuan sapi harus digalakkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di kalangan petani dan peternak.

"Doakan kami agar cita-cita ini bisa terwujud. Mengapa tidak, kita canangkan program bantuan sapi berbasis rumah tangga. Tentunya ini sangat bermanfaat untuk masyarakat," terangnya.

Ide ini pun disambut baik oleh warga yang hadir pada diskusi ringan itu. Mereka berharap program ini kedepannya dapat berjalan dengan baik.

"Insya Allah pak, kita Bersatu mendudukkan pak JMS dan kita, supaya program ini bisa berjalan dengan baik. Ini kabar baik untuk warga Bulukumba," Jelasnya.(Mad/Has)

  • Bagikan