Harapan di Balik Logo dan Tema Hari Jadi Bulukumba ke 62

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Kabupaten Bulukumba akan menginjak usia 62 tahun tepat pada 4 Februari 2022. Usia yang terbilang matang untuk sebuah kabupaten.

Pada momentum hari jadi yang ke 62 tersebut pemerintah daerah Kabupaten Bulukumba mengusung tema ‘Sehat dan Produktif Menuju Bulukumba Maju dan Sejahtera’.

Tema itu dipilih tentunya bukan sekedar estetika serangkaian kalimat semata, namun terdapat pengharapan dibalik tema tersebut.

Mewakili pemerintah, Pranata Humas Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah menjelaskan, dicetuskannya tema hari jadi yang ke 62 itu sesuai dengan visi-misi Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf serta wakil Andi Edy Manaf.

Di mana di bawah kepemimpinan Andi Muchtar Ali Yusuf dan Edy Manaf, Kabupaten Bulukumba diharapkan dapat lebih maju dan sejahtera.

Untuk menuju kabupaten maju dan sejahtera, lanjut Andi Ayatullah, pemerintah akan mendorong produktivitas masyarakat dengan menyiapkan infrastruktur penunjangnya.

“Tahun 2022 ini pemerintahan Muchtar Ali Yusuf dan Edy Manaf akan memulai program prioritasnya seperti pembangunan pasar (Sentral dan Tanete), penataan Pantai Merpati, gedung satap (satu atap, red), melanjutkan mall pelayanan publik, dan lain sebagainya,” papar Ulla sapaan Andi Ayatullah, Minggu, 30 Januari 2022.

Selain program infrastruktur, program prioritas lainya yang akan direalisasikan antara lain pendistribusian bibit unggul untuk petani dan juga pembuatan rumpon untuk nelayan.

“Semua program pemerintah hari ini itu untuk meningkatkan produktivitas dan juga peningkatan pelayanan publik,” ujar Ullah.

Namun program pemerintah ini tidak akan berjalan mulus jika masyarakat tidak sehat, apalagi saat ini situasi masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Kata ‘Sehat’ dalam tema hari jadi maknanya kesehatan itu tetap yang paling penting. Karena program pemerintah tidak akan terwujud jika masyarakat kita sakit apalagi dalam situasi pandemi Covid-19 ini,” terangnya.

Untuk menjaga kesehatan masyarakat dari pandemi Covid-19, pemerintah terus menggenjot vaksinasi dan menargetkan capaian vaksinasi bisa mencapai 100 persen pada akhir Februari 2022 ini.

“Sembari kita mengerjakan program infrastruktur, vaksinasi terus kita genjot juga dan InsyaAllah target akhir Februari bisa kita capai,” harapnya.

Ullah juga mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam beraktivitas sehari-hari.

Khususnya pada momentum peringatan hari jadi Kabupaten Bulukumba, Ullah berharap masyarakat tidak merayakan dengan euforia yang berlebihan.

Sementara itu, bukan hanya tema namun logo hari jadi juga penuh akan makna. Pada hari jadi ke 62 ini pemerintah Kabupaten Bulukumba memilih logo dengan angka ’62’ yang diberi warna biru dan kuning yang didesain berbentuk tulisan lontara.

Menurut Ullah, angka 62 menunjukkan usia Bulukumba ke 62 tahun dan bentuk tulisan lontara itu bermakna kearifan lokal yang tetap dijunjung dalam pemerintahan Kabupaten Bulukumba.

Sementara pemilihan warna yakni 6 berwarna biru dan 2 berwarna kuning menurut Ullah itu merupakan simbol keseimbangan. Di mana sesuai dengan tema hari jadi antara program infrastruktur dan pemberdayaan diharapkan berjalan beriringan dengan kesehatan masyarakat.

“Kita semu berharap pada hari jadi Kabupaten Bulukumba yang ke 62 ini bukan sekedar seremonial belaka, namun ini bisa menjadi momentum refleksi bagi kita untuk menjadi lebih baik lagi,” tukasnya. ***

  • Bagikan