Hari Jadi Bulukumba, Bupati Imbau Semua ASN Kenakan Pakaian Adat Kajang

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulsel mengeluarkan himbauan jelang Hari Jadi Kabupaten Bulukumba ke-62. Dalam himbauan tertulis yang ditandatangani Sekretaris Daerah, ASN dan Pegawai BUMN/BUMD di lingkup Pemkab Bulukumba diimbau mengenakan pakaian adat Kajang. Hal tersebut dibenarkan Humas Pemkab Bulukumba, Andi Ayatullah Ahmad

“Ini memang setiap tahun ada himbauan untuk menyemarakkan Hari Jadi. Khusus Hari Jadi ke 62 ini diharapkan ASN memakai baju hitam nuansa adat Kajang pada hari H (Jumat 4 Februari 2022),” katanya. Selain himbauan untuk ASN, Pemkab juga menhimbau untuk memasang umbul-umbul di kantor pemerintah.

Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf juga membenarkan bahwa di Hari Jadi, ia ingin ada karakter daerah yang bisa ditonjolkan. Karena Bulukumba dikenal dengan budaya Kajang maka ASN dan tamu yang hadir di acara hari jadi juga diminta mengenakan dresscode yang sama. “Budaya kita kan dikenal dengan kesederhanaannya. Dalam situasi pandemi seperti sekarang, tidak perlu merayakan dengan besar-besaran. Kita kembali ke nilai-nilai budaya dan kearifan lokal,” jelas Muchtar Ali Yusuf.

Untuk menyemarakkan hari jadi, cukup dengan pemasangan umbul-umbul dan spanduk yang dibentangkan mulai 1 Februari hingga 6 Februari 2022. “Seluruh OPD , BUMN/BUMD, Camat, Lurah Kepala Desa, se-Kabupaten Bulukumba diminta untuk memasang umbul-umbul dan spanduk dengan tema hari jadi di sekitaran kantor,” ujar Ayatullah Ahmad, humas Pemkab Bulukumba.

Tahun ini Pemkab Bulukumba memperingati hari jadi dengan tema “Sehat dan Produktif Menuju Bulukumba Maju dan Sejahtera”.

Tema hari jadi ini, lanjut Andi Ullah sebagai bagian upaya pencapaian visi dan misi pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Pada tahun 2022 program unggulan dari pemerintahan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wabup Andi Edy Manaf mulai digenjot. “Misalnya infrastruktur Pasar Sentral, penataan Pantai Merpati, Kantor SATAP dan pembangunan infrastruktur lainnya seperti jalan dan irigasi,” paparnya lagi.

Di masa pandemi Covid, pemerintah juga berharap masyarakat selalu sehat dalam menjalankan aktifitasnya serta lebih produktif.

Memperingati Hari Jadi ke-62, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Kominfo) Bulukumba Rudi Ramlan mengajak menyemarakkan hari jadi menggunakan Logo dan Twibbon yang disediakan.

“Sudah ada logo resmi Hari Jadi. Kami juga sudah siapkan Twibbon bagi yang ingin mengganti foto profil,” singkat Rudi Ramlan, Selasa 1 Februari 2022.

Logo Hari Jadi ke-62 terdiri dari variasi angka 62 dengan model aksara lontara bugis-makassar.

Adapun warna mendominasi adalah biru dan kuning yang melambangkan kemaritiman dan pertanian.

Dengan tambahan karakter lain pada logo tersebut melambangkan keseimbangan atau harmoni dalam keberagaman dalam budaya Bugis-Makassar.

Dengan tambahan karakter lain pada logo tersebut melambangkan keseimbangan atau harmoni dalam keberagaman dalam budaya Bugis-Makassar. Link Twibbon: https://twb.nz/harijadikabupatenbulukumba62. ***

  • Bagikan