Pasar Sentral Sinjai Kembali Terbakar, Polres akan Hadirkan Tim Forensik

  • Bagikan

SINJAI, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Pasar Sentral Sinjai terbakar. Ini adalah kebakaran kali kedua yang terjadi di Pasar Sentral Sinjai. Kebakaran pertama terjadi tahun 2020 dan kebakaran yang kedua kalinya terjadi pada Rabu 2 Januari 2022. Api membesar dini hari sekitar pukul 03.00 Wita.
Sebanyak 6 Unit mobil Pemadam Kebakaran milik Pemkab Sinjai tidak mampu menguasai api yang semakin membesar. Setelah bantuan 1 Unit mobil Pemadam Kebakaran milik Pemkab Bulukumba dan 2 Unit Mobil Pemadam Kebakaran milik Pemkab Bone dihadirkan, barulah api berhasil dikuasai. Akibatnya ratusan kios yang terletak di bagian atas pasar sentral Sinjai ludes terbakar.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Akbar memantau lansung di lokasi kebakaran di Pasar Sentral Sinjai. Ia ingin memastikan tidak ada korban jiwa dan untuk mengetahui kondisi terkini peristiwa kebakaran yang menghanguskan ratusan kios, termasuk los di pasar sentral bagian atas.
Atas nama Pemkab Sinjai, Sekda Sinjai juga menyampaikan belasungkawa atas musibah besar yang menimpa para pedagang di pasar Sentral.

“Tentu ini merupakan musibah yang luar biasa bagi Kabupaten Sinjai,” ungkap Akbar.
Menurut Sekda, terkait dengan musibah kebakaran ini, pemerintah akan selalu hadir dalam rangka pemenuhan kebutuhan masyarakat, khususnya pedagang.

“Kita akan evaluasi berapa besar kerugian dan akan dilakukan perencanaan yang matang untuk kedepannya,” sambungnya.

Ia berharap ke depan, seluruh masyarakat Sinjai untuk tetap waspada dan selalu memperhatikan hal yang kemungkinan dapat mengakibatkan kebakaran seperti salah satu contohnya adalah korsleting listrik.

“Ini akan menjadi pelajaran untuk kita semua, bagaimana kita senantiasa sigap dan selalu waspada terhadap musibah yang bisa saja terjadi kapan saja,” jelasnya.

Selain meninjau lokasi kebakaran, Sekda Sinjai turut memberi motivasi sejumlah pedagang menjadi korban dari peristiwa kebakaran hebat ini.
Pemantauan juga dilakukan oleh Kepala Kepolisian Resor Sinjai AKBP Iwan Irmawan, yang didampingi Kasat Reskrim AKP Abustam. Keduanya berkunjung ke Pasar Sentral Sinjai untuk meninjau langsung kondisi pasar pasca kebakaran yang terjadi pada Rabu dini hari.
Kebakaran menghanguskan sejumlah kios barang campuran, warung, kios sayur mayur dan pasar ikan. Kedatangan Kapolres Sinjai untuk melihat secara langsung kondisi beberapa kios yang terbakar, dan para korban dan warga sekitar pasca kebakaran pasar tersebut.

Dalam kunjungannya, Kapolres Sinjai menyampaikan rasa prihatinnya atas musibah yang menimpa warga khususnya bagi para pedagang di Pasar Sentral. “Atas nama pribadi maupun pemerintah saya turut prihatin dengan musibah yang menimpa para pedagang di Pasar Sentral,” tutur Kapolres Sinjai.

“Kami dari Polres Sinjai akan melakukan penyelidikan tentang penyebab terjadinya kebakaran terlebih dahulu,” ucap Kapolres Sinjai.

Kapolres Sinjai berharap bantuan dan dukungan dari masyarakat agar proses penyelidikan yang dilakukan dapat segera menemukan titik terang.

“Kami harapkan partisipasi aktif dari masyarakat, dalam memberikan informasi kepada kami. Agar kami dapat segera mengungkap penyebab terjadinya kebakaran ini,” pungkas Kapolres Sinjai.

Selain itu, ia berjanji akan mendatangkan tim dari Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Sulsel yang akan melakukan olah TKP untuk memastikan penyebab terjadinya kebakaran.

REPORTER: MAULANA

  • Bagikan