Kabapas Makassar Paparkan Kerawanan Peredaran Narkotika

  • Bagikan

MAKASSAR, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID — Langkah menyukseskan program Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Bapas Kelas I Makassar menggelar Bimbingan Pasca-Rehabilitasi bagi Klien Pemasyarakatan. Kegiatan ini ditujukan terhadap Klien dengan jenis tindak pidana narkotika khususnya yang memiliki riwayat sebagai penyalahguna serta telah mengikuti rehabilitasi selama menjalani masa pemidanaan.

Digelar di Ruang Pertemuan Bapas Kelas I Makassar, Selasa (22/2), kegiatan dibuka langsung oleh Kepala Bapas Kelas I Makassar, Alfrida. Dalam sambutannya Alfrida mengingatkan bahwa hati-hati terhadap waktu luang karena waktu luang seringkali melalaikan. “Kami memahami bahwa tantangan yang dihadapi mantan penyalahguna narkotika sangat berat. Salah satu tantangan ketika kita memiliki banyak waktu luang karena waktu luang seringkali melalaikan pikiran. Olehnya saya berpesan agar mari menjaga pikiran karena pikiran yang positif akan mewujudkan masa depan yang cerah” terang Alfrida.

Kegiatan yang diikuti oleh 10 (sepuluh) orang peserta ini kemudian dilanjutkan dengan seminar pengembangan diri yang disampaikan langsung oleh konselor profesional dari Badan Narkotika Provinsi Sulawesi Selatan, Nurdiana dan Nurul Qalbi. Dengan tema seminar Berpikir Positif, Bersikap Produktif, Masa Depan Konstruktif, kedua narasumber mengulas materi berkaitan dengan bagaimana cara menemukan potensi yang ada pada diri yang selanjutnya mampu diolah menjadi sesuatu yang produktif dalam kehidupan bermasyarakat.

Rangkaian kegiatan juga dilanjutkan dengan bimbingan peer-group yang bertujuan agar para peserta lebih terbuka dalam mengungkapkan masalah yang dialami serta antar peserta dapat saling memberi solusi satu sama lain. Selain itu, panitia juga mengadakan tes urine bagi para peserta untuk mengevaluasi peserta dalam upaya lepas dari jerat penyalahgunaan Narkotika selama berada di luar Lapas / Rutan.

Kegiatan pun ditutup dengan pelaksanaan konseling terhadap peserta maupun keluarga sebagai upaya mewujudkan family support. Sebagai peserta, Surya menanggapi positif kegiatan yang digelar Bapas Kelas I Makassar. Menurutnya, kegiatan ini telah menguatkan motivasi dirinya untuk lepas dari jerat penyalahgunaan Narkotika.

“Saya sangat bersyukur atas kesempatan mengikuti kegiatan hari ini. Pikiran saya menjadi lebih terbuka dan lebih memahami akan pentingnya memanfaatkan waktu secara produktif sehingga saya tidak kembali menjadi penyalahguna di masa akan datang” ujar Surya. (Rilis). 

  • Bagikan