Pelabuhan Bira dan Pelabuhan Pamatata Tak Lagi Layani Uang Tunai Mulai 17 Juni 2022

  • Bagikan
Ilustrasi pembelian tiket dengan non tunai

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Transformasi digitalisasi cashless atau uang eletronik mulai diberlakukan di Bulukumba, khususnya di Pelabuhan Bira Bulukumba dan Pelabuhan Pamatata Selayar. Mulai 17 Juni 2022 mendatang, transaksi pembelian tiket di Pelabuhan Bira Bulukumba dan Pelabuhan Pamatata tidak lagi melayani uang tunai.

General Manager (GM), PT. ASDP Indonesia Cabang Selayar, Alvius D. Bago mengatakan, jika program transformasi digitalisasi cashless untuk mendukung program pemerintah dalam mengurangi peredaran uang tunai.

Mengacu pada aturan Kementerian Perhubungan PM No.19 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Tiket Angkutan Penyeberangan Secara Elektronik, yang akan diterapkan bertahap di seluruh lintasan dan pelabuhan yang dikelola oleh ASDP.

Selain itu guna meningkatkan customer experience dan perluasan metode pembayaran tiket ferry. Hal ini sebagai bentuk komitmen ASDP menuju layanan berkelas dunia dengan terus menghadirkan pelayanan bermutu prima kepada pengguna jasa.

"Untuk pembayaranya seperti tiket, bisa melalui opsi layanan Virtual Account, atau kartu uang elektronik dari BRI, Mandiri, BNI dan BCA, serta layanan Dompet Elektronik dari OVO, ShopeePay, LinkAja dan Dana," kata Alvius D. Bago.

Dengan penerapan metode pembayaran Non-Tunai menurutnya, memberikan rasa aman dan nyaman dengan adanya standar pengisian data diri yang lengkap terhadap jaminan asuransi dan kelengkapan manifest penyeberangan.

Kedua, transaksi pembayaran mudah, praktis, terhindar dari uang palsu serta mendukung protokol kesehatan Covid-19 untuk mencegah penularan karena meminimalisir kontak dengan petugas loket. 

"Selain itu, proses transaksi di tollgate lebih ringkas dan cepat serta pengguna jasa dapat lebih nyaman, teratur dan tertib, tidak perlu lagi antri di pelabuhan," jelas Alvius.

Syaratnya, penumpang harus pastikan membawa identitas diri, mengisi manifest saat membeli tiket, dan siapkan alat pembayaran baik transfer Virtual Account, kartu dan dompet elektronik dengan saldo cukup saat akan membayar di pelabuhan.

"Untuk infomasi lebih lanjut hubungi kami dapat menghubungi petugas kami untuk di Pelabuhan Pamatata atas nama Aulia Achmad di nomor 081355667749, sementara di Pelabuhan Bira hubungi Gufran di nomor 085255110080," tukasnya. ***

  • Bagikan