Andi Soraya Serukan Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

  • Bagikan
Foto Andi Soraya bersama anak-anak

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Wakil Ketua Komisi D DPRD Bulukumba, Andi Soraya Widyasari mengajak masyarakat Bulukumba untuk bersama-sama mengawal pemenuhan hak dan perlindungan anak. Hal ini disampaikan pada momentum Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati tiap 23 Juli.
Menurut Andi Soraya, hak anak merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia (HAM) yang wajib dijamin dan dipenuhi oleh orang tua sebagai lingkungan utama dan juga perlu dilindungi oleh masyarakat, pemerintah, dan negara.
Ia mengungkapkan, Hari Anak merupakan pengingat untuk meningkatkan kepedulian masyarakat Bulukumba dalam menjamin pemenuhan hak anak. Di di antaranya hak atas hak hidup, tumbuh kembang dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.
“Bagi orang tua, diharapkan bisa lebih baik memahami dan menerapkan perlindungan untuk anak, sebagai lingkungan utama harus memperhatikan kesehatan dasar dan pendidikan,” ujar pemerhati perempuan dan anak ini.
Terpenting, lanjut Andi Soraya, semua orang selalu mempertimbangkan kepentingan terbaik anak. “Ini bukan hanya tugas orang tua, tapi juga kepada anak yang tersandung kasus hukum baik sebagai pelaku maupun sebagai korban,” tambah polikus PKB ini.
Tahun ini, peringatan HAN mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Momentum ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak.
Anak adalah penerus cita-cita bangsa sehingga upaya pembinaan anak perlu diarahkan untuk menggugah dan meningkatkan kesadaran akan hak, kewajiban dan tanggung jawab kepada orang tua, masyarakat dan negara.

  • Bagikan