MTs Badan Amal Gelar Jalan Kerukunan Memperingati Tahun Baru Islam

  • Bagikan
Foto gerak jalan Kerukunan keluarga besar MTs Badan Amal Ujung Loe Bulukumba, akhir pekan kemarin.

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Keluarga besar MTs. Badan Amal menggelar jalan kerukunan. Kegiatan inj dalam rangka memeriahkan tahun baru Hijriah 1 Muharram 1444 Hijriah. 

Rute perjalanan star dari halaman madrasah ke jalan Poros Bira menuju pesisit Pantai Paranyalling kemudian kembali ke madrasah. Kegiatan mengangkat tema "Happy Muharram Islamic New Year. Mari Berhijrah Menuju Pribadi Merdeka Merajut Ukhuwah Menggapai Berkah".

Kegiatan ini ddikuti sekira 300 orang bersama para wali kelas, guru dan staf madrasah. Peserta antusias, berjalan berbaris dengan tertib yang diringi lagu-lagu nasyid dan Salawat Badar.

Kepala MTs. Badan Amal, Muhammad Yunus menjelaskan peringatan Tahun Baru Islam sangat penting dilaksanakan. Tanggal 1 Muharram adalah momen yang sangat penting bagi seluruh umat Islam, karena terdapat peristiwa hijrahnya Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah dengan tujuan penyebaran Islam.

"Penanggalan Hijriah yang diawali 1 Muharram digagas oleh sahabat nabi, yaitu Ali bin Abi Thalib, sebagai tanda hijrah nabi Muhammad. Dalam menyambut dan memperingati tahun baru Islam, umat muslim diharapkan memaknainya dengan membuka lembaran baru serta mensyukuri segala nikmat yang telah Allah Saw., berikan," paparnya.

Yunus juga menceritakan sebuah kisah seorang pemuda yang berbakti kepada orang tua. Pemuda itu bernama Uwais Al Qarni, sosok pemuda yang shaleh dan sangat memuliakan ibunya. Ia menggendong ibunya yang lumpuh dan buta dari Yaman menuju Makkah untuk ibadah haji.

"Tujuan perayaan tahun baru Islam ini agar generasi muslim mengingat tahun Islam dan Nabi Muhammad SAW serta para sahabat,"tutupnya.(*)

  • Bagikan