Mengenal Andi Ichal, Seorang Advokat yang Kini Nahkoda Baru Gasiba

  • Bagikan
Foto Andi Syamsuriza Nurhadi

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kepemimpinan klub sepakbola kebanggaan Bulukumba Gabungan Sepakbola Indonesia Bulukumba (Gasiba) berganti dari sebelumnya dipimpin Tomy Satria Yulianto, kini dinakhodai seorang advokat muda.

Namanya adalah Andi Syamsuriza Nurhadi alias Andi Ichal. Ia adalah putra asli Bulukumba yang pernah kuliah di Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin.

Meski berlatar belakang hukum, namun kecintaan dan ketertarikan Andi Ichal di dunia sepakbola mendarah daging di dalam dirinya. Bahkan tekadnya sangat kuat ingin membangkitkan sepakbola di Bulukumba khususnya Gasiba sebagai salah satu klub sepakbola andalan warga Butta Panrita Lopi.

Saat ini Andi Ichal adalah seorang advokat pada Law Firm Lucas dan Partners. Juga pengurus Peradi yang semenjak lulus di bangku kuliah banyak beraktiftas di ibu kota. Meski berkarier di Jakarta Andi Ichal tidak pernah luput memantau persepakbolaan di Bulukumba.

Syamsulrizal dalam keterangannya, mengaku siap membangkitkan kembali Gasiba yang sudah dua tahun "mati suri". Ia berjanji membawa klub kebanggaan masyarakat Bulukumba itu mentas di Liga 3.

"Kita akan segera seleksi pemain. Tahap seleksi nantinya, melalui tim pencari bakat akan memprioritaskan putra terbaik daerah yang mempunyai kualitas tidak kalah dengan pemain yang ada di luar Bulukumba," katanya.

Menurut dia, era serba digital hari ini mengharuskan sebuah klub sepak bola untuk bertransformasi. Perlu adanya peningkatan pola pembinaan agar disesuaikan dengan ilmu dan perkembangan teknologi.

"Juga perlu peningkatan proses pembinaan klub, baik dalam pelaksanaan program latihan, koordinasi pengurus dengan pemerintah, serta kesejahteraan bagi sumber daya klub," katanya.

"Kemudian, perlu adanya peningkatan prestasi klub dan prestasi atlet untuk memajukan persepakbolaan di daerah kita tercinta ini Bumi Panrita lopi," jelas Syamsulrizal menambahkan.

Ia menambahkan, ke depan Gasiba akan diproyeksikan bertransformasi menjadi klub profesional dengan sistem pengelolaannya mengarah pada sisi industri sepak bola.

"Untuk mengelola sebuah klub sepak bola sebesar Gasiba ini, bukan hanya menjadi tanggung jawab pengurus saja. Tapi bagaimana melibatkan seluruh elemen yang ada di Bulukumba untuk berkontribusi," jelasnya mantan Caleg NasDem ini. (faj/has/B)

  • Bagikan