DPRD Dukung Bupati, Tes Urine untuk Pelayanan

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Langkah Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf yang mewacanakan tes urine untuk setiap pelayanan langsung mendapat dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba.

Hal itu disampaikan Ketua DPRD Bulukumba, H. Rijal kepada RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID. Dia mengaku mendukung setiap program pemerintah, selama itu untuk perbaikan daerah.

“Termasuk rencana memberlakukan tes urine, saya kita itu langkah tepat untuk menjauhkan masyarakat Bulukumba dari obat-obat terlarang,” katanya, Selasa, 23 Agustus 2022.

Apalagi memang, Rijal mengaku ikut khawatir atas kasus narkotika yang kian marak di Bukukumba, bahkan hampir semua elemen masyarakat masuk dalam lingkaran barang haram tersebut.

“Tidak ASN, sipil, swasta ada saja oknum yang tertangkap penyalahgunaan tentu ini masalah yang serius dan harus dicarikan solusi, saya kira langkah bupati itu bagus,” ucapnya.

Meski begitu, menurut Rijal, jika itu diberlakukan memang akan berpengaruh pada birokrasi pelayanan. “Tentu akan makan waktu lama, tapi kalau untuk kebaikan kenapa tidak itu dimulai, termasuk tentu kita harus memikirkan anggara untuk itu,” tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf mengaku serius memberantas narkoba dan pelakunya. Program tes urine akan terus dilakukan di internal pemerintahan.

“Saya akan lakukan itu, saya akan perintah harus test urine di semua pelayanan dulu, Kita harus tegas untuk itu,” tegasnya, Minggu, 23 Agustus 2022.

Dia mengaku, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi di semua sekolah. Inspeksi mendadak (sidak) terhadap ASN dan tes urine, bagi yang terbukti akan diproses sesuai hukum yang berlaku. Kemudian untuk ASN yang terlibat dikatakan secara tegas akan diberikan sanksi berat.

“Kalau ASN terbukti, maka harus diproses hukum. Tapi, sudah terbukti melalui hasil test urine dan dia (ASN) akui didepan penyidik," ujar Andi Muchtar Ali Yusuf. (faj/has/B)

  • Bagikan