Banyak Konflik Agraria, HMI Bersama Warga Bira, Sambut Kedatangan Wakil Menteri BPN Dengan Aksi

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Kehadiran Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni, disambut aksi demostrasi dari aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Bulukumba. Selasa 6 September 2022.

Ketua HMI Cabang Bulukumba, Baso Riswandi, dalam orasinya, mengatakan kedatangan dirinya bersama sejumlah warga Bira, untuk menyampaikan aspirasi dan penyambutan atas kedatangan Wakil Menteri BPN.

"Ini agar Pak Wamen tau bahwa bawahannya tidak becus dalam bekerja, terlalu banyak kasus dan masalah agraria di tengah masyarakat, " Ujarnya.

Senada juga disampaikan, salah satu peserta aksi, Alam Nur, menduga bahwa kinerja BPN Bulukumba untuk segera di evaluasi kementerian. Ia mencontohkan seperti kasus oleh salah satu warga Desa Bira yang hingga saat ini status hukum kepemilikan tanah tidak jelas.

"Masa ada satu bidang tanah dua sertifikat yang terbit ini kan aneh bin lucu, artinya ada apa dengan kinerja BPN, dan kita duga kuat banyak kasus seperti ini di Bulukumba, " Tukasnya.

Kepala Seksi Survei dan Pemetaan BPN Bulukumba,Akhmad, dihadapan demostran, mengatakan kasus yang terjadi di Bira, saat ini masih berproses di Kejaksaan Tinggi Sulsel.

"Tidak serta merta kita mau tarik sertifikat, karena sedang berproses di Kejaksaan kita belum bisa bergerak, artinya kalau alas hak kepemilikan tanah warga kuat, ada caranya atau tahapan yang bisa ditempuh, " Katanya (faj)

  • Bagikan