Sudah 20 Ribu Ekor Lebih Ternak di Vaksin

  • Bagikan

BULUKUMBA, RADARSELATAN.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba, terus memastikan penyebaran virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) diminimalisir. Setidaknya, sejak 25 Juli 2022 hingga Rabu 23 Novembee 2022, sudah ada 20.464 ternak yang telah menerima vaksin PMK. 

 Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Bulukumba, Thaiyeb Maningkasi, menjelaskan, sejak Juli sampai 21 November 2022 kemarin, angka hewan ternak yang telah divaksin PMK berjumlah 20.464 ekor. Yang divaksin, kata dia, adalah hewan ternak yang kondisinya sehat sebagai langkah pencegahan agar tidak terpapar virus.

"Tidak bisa lagi divaksin kalau sudah sakit. Kalau yang sakit itu dirawat, melalui peningkatan imunitas dan ketahanan tubuh ternak dengan pemberian vitamin, mineral, maupun suplemen," ujarnya.

Tayeb mengatakan, ternak yang sudah terpapar virus dipisahkan dari ternak yang kondisinya sehat. Alasannya sederhana, dengan melalui udara saja, maka dapat menimbulkan ternak terjangkit virus PMK. 

"Kita betul-betul perhatikan untuk memisah yang terpapar dengan tidak. Bayangkan saja, sampai 100an kilometer masih bisa menyebar virusnya," jelas Thaiyeb.

Sementara, Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf meminta para Camat dan Kepala Desa untuk terus memotivasi peternak. Sebab, jangan sampai karena adanya PMK ini, maka peternak menjadi pesimis.Sekadar diketahui, data hingga per 21 November 2022, total vaksinasi sebesar 20.464 ekor, total sakit 1.585 ekor, total sembuh 1.464 ekor, total potong bersyarat 4 ekor dan total mati 33 ekor.(faj/man/c)

  • Bagikan

Exit mobile version